Sunday, 30 July 2017

Antrean Mengular di Grand Opening Semarang Thal Cake

Pengunjung yang berjubel memadati gerai Semarang Thal Cake
credit: IG @Semarangthalcake

Assalamu’alaikum, Temans.
Khususnya warga Semarang nih, tanggal 28 Juli kemarin ada grand opening alias pembukaan toko Semarang Thal Cake kepunyaan selebriti tersohor di Indonesia, Ruben Onsu. Sebelumnya, tanggal 15 Juli yang lalu juga diadakan pre-launching di toko yang beralamat di Jl. Sriwijaya No 4 Tegalsari Semarang tersebut. Di mana tuh? Itu lho.. kalau dari arah Java mall, sebelah kiri di ruko setelah pom bensin. Kalau Teman-teman dari arah Simpang Lima, toko ada di sebelah kanan tepat di seberang Taman Makam Pahlawan, persis sebelahnya Yakes Telkom. Mudah ditemukan, bukan?
Bernuansa ceria dengan paduan warna kuning-biru, Semarang Thal Cake hadir turut meramaikan dunia kuliner dan oleh-oleh Semarang. Tagline-nya saja ‘Oleh-oleh Masa Kini Kota Semarang’ jadi bisa menjadi pilihan buat Teman-teman yang melancong ke Semarang disamping membawa oleh-oleh Bandeng presto, Wingko babad,  Kue Gandjel Rel, dan makanan khas Semarang lainnya.

Friday, 28 July 2017

Buku-buku yang Mengubah Hidupku


Assalamu’alaikum, Temans. Sudah baca buku hari ini?
Tema #ArisanBlogGandjelRel kali ini ditentukan oleh Mba Vita Pusvitasari dan Mba Anita, tentang buku yang menginspirasi. jujur, tema kali ini makjleb banget karena kemampuan baca saya sekarang minim sekali dibandingkan saat masih lajang dan setelah menikah tapi belum punya anak. Menyalahkan anak? Tentu saja tidak, penyebabnya pasti karena kurang ‘canggih’ mengatur waktu dan terlalu banyak melototin layar smartphone.
Oke, sekarang sedang berusaha mengatur kapan boleh pegang HP dan kapan tidak, terutama saat sedang membersamai si Kecil di rumah. Pun meluangkan waktu untuk membaca, mulai lagi dari yang ringan semacam novel komedi ((sambil lirik tumpukan buku yang sudah dibeli namun belum terbaca juga)).

Sunday, 23 July 2017

Kumpul Bareng Ruben Onsu dan Pre-Launching Semarang Thal Cake



Bismillahirrahmanirrahim, pekan kemarin saya dapat undangan special nih, Temans. Undangannya dari Semarang Thal Cake kepunyaan Ruben Onsu yang ada di Kota Semarang. Waktu itu langsung mengiyakan karena mengingat hari itu tidak ada agenda. Eh, ternyata saya salah jadwal *cry* rupanya di jam yang sama ada agenda halal bihalal nun jauh di Mijen. Alhamdulillah saya mendapat izin untuk tidak hadir ke halal bihalal, si Kecil sedang tidak bisa ditinggal berlama-lama juga.
Datang ke acara Kumpul bareng Ruben Onsu dan Pre-launching Semarang Thal Cake ini saya membonceng mba Wati (seperti biasanya). Sampai di lokasi, pengunjung telah memadati arena di Jl. Sriwijaya No. 4. Rupanya ada dua undangan di hari yang sama dan pengunjung yang ingin mengikuti pre-launch pukul 16.00 sudah mulai berdatangan. Keren banget ya semangat mereka untuk bertemu dengan idolanya sekaligus mencicipi Thal cake-nya.

Saturday, 22 July 2017

WAGE untuk Indonesia, Film Biopic Sosok Pahlawan Nasional WR. Soepratman

Indonesia Raya Oleh WR. Soepratman
Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta
Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Temans, sejenak kita menghayati lagu kebangsaan nasional ini yuk. Apa yang dirasakan? Sedih? Semangat perjuangan?  Atau biasa saja saking seringnya mendengar lagu ini dikumandangkan dalam setiap upacara bendera dan acara resmi? Well, sesekali perlu juga merefresh makna dan sejarah lagu pusaka ini agar menjiwai saat melantunkannya.

Friday, 21 July 2017

Traveling: Kebutuhan atau Sekadar Gaya Hidup?


Assalamu’alaikum, sering merasa bosan bin galau di rumah atau dengan rutinitas yang ada lalu menyalahkan ‘kurang piknik?’ kalau kata teman saya mah bukan kurang piknik tapi kurang bersyukur dan kurang berdzikir. Nahloh! Makjleb banget kalau buat saya.
Pergeseran gaya hidup manusia tentunya dipengaruhi oleh banyak hal. Jika pada masa sebelumnya orang mengalami kesulitan untuk melakukan perjalanan karena keterbatasan moda transportasi, saat ini ingin menggunakan apa tinggal pilih dan menyesuaikan dengan isi kantong. Berbagai informasi mengenai destinasi wisata dan kemudahan dalam mengaksesnya juga keleluasaan dalam menentukan dan memilih akomodasi membuat orang semakin banyak melakukan perjalanan.

Wednesday, 19 July 2017

Ayam Serundeng Lengkuas, Sajian Istimewa di Hari Raya

                        
 

Assalamu'alaikum,  idul fitri sudah berlalu tapi masih boleh kan belum move on dari suasana gembiranya? Hihi.
Ngomong-ngomong tentang idul fitri pasti identik dengan makanan enak. Memang idul fitri juga semacam moment-nya 'berbuka' setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.Opor ayam dengan lontong dan sambal goreng ati plus kerupuk udang,  perfect banget kan untuk menemani hari raya?
Tapi di tempat saya beda lho, Temans.  Di Wonosobo khususnya di kampung saya kebanyakan orang memasak daging sapi,  ayam dan ikan air tawar untuk hidangan di hari raya.  Namun masaknya bukan dibuat opor melainkan dimasak (entah apa namanya) dengan bumbu dapur komplit lalu setelah hampir matang ditambahkan kecap manis. Mirip seperti semur hanya saja dibuat tanpa kuah dan rasa manisnya tidak dominan. Sebagian memilih untuk membuat serundeng kelapa untuk campuran daging sapi atau ayam. Sajian lain umumnya sayur pedas dan ditambah lalapan atau pecel. Tidak semua orang membuat ketupat seperti tradisi di tempat lain, jadi ketupat bukan hidangan wajib di sana.

Monday, 17 July 2017

Kreasi Masak Ayam Potong So Good: Ayam Pepes Bumbu Garang Asem




Bismillahirrahmanirrahim..  Assalamu'alaikum,  Happy Monday,  Temans!
Hari baru semangat baru.  Yuhuuu!! 
Weekend kemarin ngapain nih?  Kalau saya cuma di rumah aja.  Eh,  ada acara keluarga sebentar ding,  cuma meluncur ke Ungaran aja sih nggak jauh-jauh. 
Berhubung suami saya sekarang hari liburnya Jumat,  jadi ceritanya tiap jumat saya mau memanfaatkan hari dengan sebaik-baiknya (baca: me time,  baca buku,  ngetik,  jalan-jalan,  dll). Ini juga kalau sempat sih,  karena kadang hari libur pun tetap banyak agenda.
Oia, Jumat kemarin saya berhasil memanfaatkan dengan belanja dan masak bareng.  Horeee...!  Eh alhamdulillah.. Meskipun agak gagap karena sudah lama nggak 'masuk' dapur.  Iya,  sekarang lebih sering ibu mertua yang masak,  saya kebagian jadi asisten chef bagian kupas bawang,  iris-iris dan cuci sayur-piring. 
Ceritanya tiba-tiba saya pengen masak Ayam garang asem, makanan favorit sejak kuliah.  Garang Asem memang salah satu makanan khas daerah Jawa Tengah khususnya wilayah pesisir,  dengan kuah santan segar dan rasa asam-pedas yang berpadu lezat.  Nah kan jadi ngiler lagi. 
Dulu waktu masih kuliah hidangan ini termasuk istimewa karena jarang bisa makan ayam,  apalagi harga garang asem juga lumayan mahal untuk kantong mahasiswa kere sepertiku.
Eh tapi saya juga pengen makan ayam pepes gara-gara pas ramadhan kemarin ada teman yang share gambar ayam pepes dan sukses bikin saya ngiler kebayang lezatnya *elusperut.  Nggak ngidam sih, saya memang suka ileran kalo lihat makanan lezat *ups.
'Yaudah daripada bingung dan susah masak dua kali,  kenapa nggak nyoba masak pepes bumbu garang asem aja?' tiba-tiba kalimat ini 'cring' begitu saja muncul di kepala.  Hm..  Boleh juga nih..  Oia kalau waktu masih kuliah dulu sih suka masak ayam bumbu garang asem tapi nggak pakai dibungkus daun pisang, jadi ayamnya cukup direbus dengan bumbu garang asem sampai matang.

Friday, 14 July 2017

Waspadai Penyebab Anyang-anyangan


Assalamu’alaikum, Temans.
Pernah mengalami anyang-anyangan? Gangguan yang terjadi di saluran kemih ini sangat merusak hari. Inginnya sering-sering buang air kecil tapi keluar sedikit dan  terasa panas. Menyakitkan sekaligus menjengkelkan bukan? Terlebih saat harus antri panjang di depan toilet dan ternyata saat buang air kecil hanya sedikit yang keluar.
Menurut penelitian, perempuan lebih rentan terkena ayang-ayangan dibanding laki-laki. Anak-anak dan orang dewasa pun bisa terkena resiko anyang-anyangan, terlebih ibu hamil yang sudah memasuki trimester ke dua atau lebih.

Monday, 10 July 2017

20 Hari di Penjara Suci


1 Ramadhan,  17 Tahun silam
Hari Kedua libur sekolah.
Bertiga dengan bapak dan kakak sepupu kami bertolak menuju Muntilan, Magelang. Sehari sebelumnya saya tak bisa memejamkan mata karena membayangkan bagaimana nanti hidup di pesantren selama 20 hari. Persiapan dan perbekalan telah disiapkan, hanya beberapa lembar pakaian muslimah dan kerudung seadanya yang kubawa. Bukan karena memilih membawa sedikit baju,  tapi karena memang adanya hanya itu dan lagi di sana tentu kami bisa mencuci pakaian setiap harinya.
Kami menumpang bis jurusan Magelang, hanya berbekal informasi nama kecamatan dan kyai pengasuh pesantren. Pengetahuan bapak tentang Magelang dan sekitarnya cukup baik

Thursday, 6 July 2017

Ngetrip ke Wonosobo, Wajib Coba Mie Ongklok Longkrang


Mie Ongklok longkrang

Setiap berkunjung ke suatu tempat, selain menikmati tujuan wisatanya biasanya kita juga ingin memanjakan lidah dengan kuliner khas daerah setempat. Hampir pasti kita menganal wisata daerah lengkap dengan kuliner khas-nya, seperti Semarang dengan Lunpia, Wonogiri dengan Bakso sapi-nya, Kudus dengan Soto kerbaunya, Boyolali dengan Soto Seger, Pati dengan Nasi Gandul, Palembang dengan Pempek, Aceh dengan Mie Aceh, Lampung dengan Kopi Lampung, Papeda, Cotto Makassar, dan sebagainya. Bahkan seringkali ada lebih dari 1 makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Demikian juga saat Teman-teman ngetrip ke Wonosobo, tak boleh melewatkan untuk menikmati semangkuk Mie Ongklok lengkap dengan sate sapi, tempe kemul, geblek, dan minuman hangat.