Sunday, 28 May 2017

5 Menu Buka Puasa Favorit

Assalamu'alaikum, Temans.
Sudah memasuki malam ke 3 Ramadhan, semoga diri makin akrab dengan suasana Ramadhan dan makin semangat untuk menggali ladang pahala sepanjang bulan suci ini.
Btw saya dua hari ini rasanya tepar, hiks. Ngantukan banget, lebih parah dari hari biasa. Bawaan perut kali ya? (((apasih! Nyari alasan aja))) sedih jadinya, meskipun masih bisa ngejar beberapa target ibadah ramadhan, tapi kan sayang banget kalau kebanyakan waktunya dipakai untuk tidur (((cry))).
Maaf ya, jadi curhat. Ngomongin yang enak-enak aja deh, apalagi kalau bukan menu untuk berbuka puasa.
Yah, anggaplah menu buka puasa favorit seperti tema Arisan Blog Gandjel Rel kesepakatan dari Mba Hidayah Sulistyowati aka Mba Wati dan Mba Ika Hardian Aksari.

Sebenarnya sih sejak dulu nggak ada yang difavoritkan untuk berbuka puasa, karena seringnya buka puasa dengan apa saja yang dimasak mamak. Kalau pas saya yang dapat jatah masak, ya menyesuaikan dengan bahan makanan yang ada di rumah atau di warung terdekat.
Setelah menikah pun sama, karena rejekinya tinggal di rumah mertua jadi masak pun yang menetukan adalah ibu mertua. Saya kebagian bantu ngupas bawang dan motong-motong sayur. Sesekali saya yang masak, tapi tetap lebih banyak beliau.
Diantara makanan yang biasa (maksudnya selain bulan ramadhan pun sering/kadang masak/makan) ada beberapa menu yang jika disantap saat berbuka puasa di bulan Ramadhan rasanya jadi super special.
Sudah hafal kan, Temans ada hadits yang mengatakan bahwa orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat bertemu Rabb-nya.
Itulah, makanya meskipun menunya sangat sederhana dan sudah sering disantap pun, tetap istimewa dan penuh kesyukuran telah lulus meniti satu demi satu hari-hari di bulan Ramadhan.
Yuk, cuss menu istimewa apa saja yang disukai keluargaku.

1, Kurma 

Ruthob (kurma segar)

Yup! Semua umat islam juga tahu jika sunnah berbuka dengan buah kurma. Meski sayang sungguh sayang kebanyakan kurma yang beredar di Indonesia adalah kurma awetan atau manisan buah kurma. Manisnya buah kurma tak lagi alami sebagaimana yang dikonsumsi Rasulullah dan para sahabat dulu. Sebenarnya ada sih kenalan yang menjual kurma segar (ruthab) tapi harganya yang melangit dan hanya tahan beberapa hari membuat kami belum kesampaian makan si ruthab. (((nahloh malah curhat lagi))) semoga kelak dikasih kesempatan sama Allah untuk bisa menunaikan ibadah umrah terutama saat Ramadhan. Aamiin..
Sebenarnya selain ruthab ada juga kurma kering (tamr) yang katanya dikeringkan tanpa tambahan gula, tapi entahlah kurang paham juga bagaimana proses membuatnya. Pernah mencicipi tamr di rumah seorang teman dan rasanya memang tak selezat manisan kurma. Rasanya keras dan kering.
Tak apa lah ya, makan kurma yang tersedia di Indonesia dan mudah didapatkan. Semoga tidak mengurangi sunnah-nya. Aamiin..
Nah, saya suka banget sama kurma lu'lu'. Sesuai namanya, bentuknya kecil dan bulat superti mutiara. Suka banget kurma lu'lu' karena tidak lengket dan manisnya tidak membuat gigi sensitifku cenat-cenut. Mau makan 7-9 butir juga nggak masalah karena kecil-kecil. Hihi.

Kurma Tunisia
Selain kurma lu'lu', kurma yang saya sukai adalah kurma Tunis/Tunisia yang bentuknya panjang-panjang, tidak terlalu montok tapi cantik dan klimis. Sama dengan lu'lu', rasa manisnya tidak terlalu kuat dan kering, sehingga jika disimpan tidak cepat berkutu. Ih, sebel banget kan kalau nyimpan kurma tahu-tahu sudah ada kutunya ((cry))
Kalau nggak nemu dua kurma itu, ya seadanya aja deh, dan yang penting lagi harganya ramah di kantong. Wkwkwkwk. Pengennya sih bisa makan kurma Ajwa tiap hari. Hahahah.

2. Es Kelapa Muda

Berbuka dengan es kelapa muda, serasa berbuka di tepi pantai

Sebenarnya tiap berbuka puasa selalu menyediakan teh hangat, agar berbuka dengan yang hangat dulu sebelum minum es. Setelah nyemil gorengan atau buah dan makanan berbuka lainnya, biasanya langsung menyerbu es.
Es yang paling disukai adalah es Kelapa Muda. Seringnya beli kelapa muda utuh dekat rumah. Belinya ba'da ashar lalu disimpan di lemari es. Minumnya hanya dengan ditambahi sedikit es agar rasa segarnya tidak berubah. Hm.. Nikmatnya..

3. Kolak
Menu ini sering dimasak ibu di hari biasa, karena anak mbarep-nya nggak suka pisang buah. So, supaya bisa dinikmati semuanya dibuatlah kolak atau setup dengan campuran kolang-kaling. Segar dan menyehatkan.

4. Sayur Bening Bayam


Teman-teman tahu dong betapa panasnya Semarang setiap hari? Di bulan Ramadhan rasanya selalu lemas saat siang karena kepanasan. Padahal waktu sahur sudah kayak Unta nyiapin bekal minum lho.. Hihi.
Karena itu, paling nikmat adalah berbuka dengan yang segar. Sayur bening bayam sering menjadi pilihan kami. Kerena sayurnya mudah didapat (hampir setiap hari di warung/tukang sayur tersedia), masaknya juga praktis dan cepat. Cukup dengan mengiris bawang merah dan umbi kunci, masukkan ke air yang sudah mendidih, lalu masukkan sayur bayamnya. Tambahkan gula dan garam, hanya beberapa menit sudah bisa dinikmati. Hm.. Segar!
Menyantap sayur bayam bening makin nikmat dengan sambal terasi dan lele goreng crispy. Hm... ((duh.duh.mendadaklapar))

5. Sayur Asem
Sejak dulu saya sudah akrab dengan sayur mayur, apalagi memang anak desa yang mau tak mau harus makan sayur. Bahkan seringkali makan hanya dengan sayur tanpa lauk. Kebiasaan ini terbawa sampai kuliah, rasanya tersiksa sekali saat di kos makan nasi penyet dengan lauk, sambal dan lalapan mentah. Lebih baik makan nasi dan sayur saja daripada makan nasi dan lauk tanpa sayur, begitu yang kurasakan dulu. Meski lama kelamaan terbiasa makan nasi dan lauk saja, tetap nyari sayur jika sampai beberapa hari nggak makan sayur. Badan rasanya nggak enak dan perut begah.
Senangnya setelah menikah, hidup di keluarga yang juga suka sayur. Jadi tiap hari selalu ada sayuran hijau yang dimasak meskipun masaknya seputar tumisan, sayur bening, sop, asem-asem, lodeh, begitu seterusnya. Alhamdulillah... senangnya bisa makan sayur setiap hari :D
Salah satu sayur favorit adalah sayur asem, aneka sayur yang dimasak berbarengan dengan tambahan belimbing wuluh atau tomat hijau menambah kesegarannya. Dimakan dengan nasi hangat, sambal dan ikan pindang.
Sebenarnya masih ada beberapa makanan yang disuka saat Ramadhan, mulai dari es sampai makan berat, tapi nanti makin lapar dan bikin ngiler, jadi 5 saja cukup ya. (((wkwkwkwk)))
Kalau kalian suka menu apa Temans?


16 comments:

  1. Kurma ajwa itu lo nagih banget rasanya, tapi harganya lumayan je, hehe. :) Biasanya aku beli di Bunda Lillah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, aku makan kurma ajwa kalo dapat oleh2 haji/umroh aja. Wkwkwkkwkwk.🙈🙈

      Delete
  2. Wah favorit juga nih..kurma sama sayur bayamnya..tapi es kelapa muda tetep nomor satu :D

    ReplyDelete
  3. Sayur asem makanya sama ikan asin n sambel terasi. Ya salaammm

    ReplyDelete
  4. Kurma dan kelapa muda yang jadi favorit saya. Buah2an juga. Seperti semangka yang manis dan tanpa biji. Dingin2 disantap saat buka aduh segarnya :D

    ReplyDelete
  5. Mba..aku juga pengen kurma ruthob..hehe, sm blm kesampean hiks

    ReplyDelete
  6. Wah jadi pengen nyobain kurma segar berapaan itu harganya rin?

    ReplyDelete
  7. Kurma adalah salah satu menu bulan puasa yang ngga boleh ketinggalan ya mbak Arina, meskipun diluar Ramadhan juga ada tapi pas Ranadhan itu jadi sesuatu banget.

    Apalagi buat saya yang diluar Ramadhan hampir ngga beli kurma tapi waktu masuk Ramadgan dibela-belaian beli. Itu rasanya enak sekali ngalahin nakanan manapun :)

    ReplyDelete
  8. Biasanya aku bikin kolak daaan laris manis. Apalagi kalo pake pisang kepok kuning...

    ReplyDelete
  9. Beli es klamud kl pas males biki es2an 😃

    ReplyDelete
  10. Aku malah belum nyetok kurma, Mbak. Soalnya di tempat langganan adanya kurma yang awetan tadi. Dagingnya keras banget, jadi males buat beli. Di minimarket ada tuh ya, kayaknya kok enak dan bagus. Ntar deh mau beli juga.

    Makasih ya, Mbak, sudah meramaikan arisan blog kedua ini.

    ReplyDelete
  11. aq paling suka kurma yg matang n segar mbak, klo yg sudah dikeringin kurang suka. tp tetep suka hehe

    ReplyDelete
  12. kalo saya sih lebih milih kurma ya.., soalnya manis ditambah emang sunnah makan manis-manis ketika berbuka.., jadi pengen coba yang lain juga.. makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  13. wahh udah lama nggak nyoba es kelapa muda ya.., sekarang lebih sering makan pake kurma.., biasanya kalo minum es kelapa muda seger abis.. tenggorokan langsung adem..

    ReplyDelete
  14. wah kalo korma mah ga cuma favorit saya mabak, malahan sunnah.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam