Wednesday, 17 May 2017

5 Manfaat Menggunakan Blender di Rumah



Assalamu’alaikum, Temans.
Kalian pasti punya blender dong di rumah? Jaman sekarang bagi sebagian besar orang, blender adalah hal wajib yang harus dimiliki.

Menghemat Waktu Memasak
Menghemat waktu, adalah manfaat paling utama dari penggunaan blender. Meskipun sebagian orang tidak menghaluskan bumbu dengan blender karena konon rasanya kurang sedap dibandingkan menggunakan ulekan, tapi tentu kita sepakat bahwa blender jauh lebih efektif.

Ibu yang sibuk baik karena bekerja maupun karena aktivitasnya, sangat diuntungkan dengan blender. Kita bisa mengatur waktu setiap bulan atau 2 pekan sekali untuk membuat bumbu dasar. Siapkan bawang putih, bawang merah, kunyit, dan bumbu lain yang biasanya digunakan di rumah. Kupas dan cuci bersih lalu blender hingga halus. Selanjutnya bumbu yang sudah halus ditumis sampai matang, masukkan ke dalam botol/stoples kaca. Simpan di dalam lemari es dan biasanya tahan hingga 1 bulan.
Jika akan memasak cukup ambil bumbu dengan sendok. Bumbu-bumbu tambahan seperti rempah-rempah bisa digunakan tanpa dihaluskan terlebih dahulu, cukup digeprek. Sedangkan merica dan ketumbar bisa kita pilih yang berupa bubuk. Kurang puas dengan membeli merica/ketumbar bubuk? Kenapa tidak menghaluskan sendiri dengan blender?
Jika suka makan pedas dan senang menggunakan cabai segar, cukup praktis juga menyiapkan blender di meja dapur agar sewaktu-waktu butuh menghaluskan cabai/bumbu lainnya bisa langsung digunakan. Sambil goreng ikan, blender menyala menggiling cabai, tak sampai lima menit kemudian jadilah ikan masak pedas. Yummy!

Menyehatkan Anggota Keluarga
Tentu jika teman-teman menggunakan blendernya untuk membuat makanan sehat bagi keluarga. Membuat jus buah/sayur dan smoothie pastinya akan memberikan kesegaran bagi keluarga dan manfaatnya pun sangat besar bagi kesehatan tubuh.
Jika membuat makanan sendiri di rumah, kita bisa menjaga asupan yang kurang baik dan mengurangi bahan makanan yang berlebihan seperti gula bisa diganti dengan madu, menambah porsi buah dan sayur, dll. Meskipun tetap tidak bisa terhindar dari berbagai zat karena bahan-bahan yang kita gunakan juga tidak semuanya organik. Setidaknya mengurangi lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan?
Blender juga bermanfaat untuk membuat makanan pendamping ASI/MPASI bayi kita yang sudah lepas usia 6 bulan. Makanan untuk bayi ini harus dihaluskan agar teksturnya sesuai dengan sistem pencernaannya yang belum sempurna. Bahan makanan bisa dihaluskan dengan saringan kawat, parut ataupun blender.

Sarana Belajar dan Pelibatan Anak
Teman-teman yang sudah punya anak atau memiliki keponakan pasti paham betul bahwa mereka sangat menyukai makanan yang berwarna-warni dan manis. Eskrim menjadi menu favorit mereka. Nah, jika kebanyakan tentu tidak baik bukan?
Cobalah untuk membuat eskrim/popsicle sendiri di rumah. Siapkan cetakan popsicle dan stick-nya. Siapkan juga buah aneka warna dan susu UHT plain untuk tambahan. Jika tidak suka bisa menggunakan sedikit air.  Ajak anak-anak untuk memotong buah, memasukkannya ke blender, juga menuangkan ke cetekan. Setelah disimpan di freezer sampai mengeras, pasti anak-anak akan sangat antusias menikmati hasil kerja keras mereka.

Jus sehat untuk anggota keluarga

Menambah Keharmonisan Keluarga
Temans, ada yang suami/istrinya suka minum jus? Jika ya, sering-seringlah membuat kejutan kecil untuknya. Sesaat sebelum jam-nya pulang kerja, buatlah segelas jus/smoothie khusus untuknya. Begitu dia pulang, sambutlah dengan senyum terbaik lalu sodorkan segelas jus yang sudah dibuat tadi saat dia santai dan sudah bebersih. Dijamin si dia bakal makin cinta.
Menghemat Pengeluaran Bulanan
Masa sih menggunakan blender bisa menghemat pengeluaran bulanan kita?
Iya lho, terutama untuk teman-teman yang hobi membeli jus di luar. Dengan membuat jus sendiri kita bisa menghemat. Dengan biaya yang sama dengan yang kita keluarkan untuk membeli jus di kedai, kita bisa membuat lebih banyak porsi jus untuk sekeluarga. Begitu pula dengan eskrim/posicle, lebih hemat kan? Buah dan susu-nya bisa kita gunakan persediaan di rumah. Tak ada salahnya juga sih sesekali membeli di luar.
Di luar manfaat penggunaan blender, sekarang blender makin canggih dan harganya pun selangit. Buat sebagian orang bisa jadi berat untuk membelinya. Untuk itu, harus pandai mencari informasi seputar blender murah. Toko online dan media online bisa kita gunakan sebagai sumber informasi seputar review blender dan berburu blender dengan harga murah.
Saya jadi ingat sebelum menikah dulu, sahabat-sahabat di organisasi yang kuikuti menanyakan ingin kado apa saat menikah? Saya jawab ingin blender. Well, sebenarnya pilih blender karena beberapa barang yang lain seperti rice cooker sudah ada yang siap mengirim. Inginnya sih saya jawab kompor gas, mesin cuci atau lemari es sekalian, tapi kasihan jika terlalu membebani mereka. Pilihan blender ini juga karena jika untuk ramai-ramai beberapa orang tidak terlalu memberatkan. Toh saat menikah yang diharapkan doa dan kehadiran mereka bukan? Kado atau amplop anggaplah bonus sebagai modal kita setelah menikah.
Tak ada salahnya kan jika ditanya dan kita menjawab jujur apa yang kita butuhkan? Daripada kita tidak enak untuk berkata jujur malah nantinya mendapat kado dobel dan akhirnya kurang bermanfaat. Oia, jika memungkinkan kita juga bisa merekomendasikan toko online kesayangan kita untuk sahabat yang akan memberi hadiah sesuai kebutuhan kita.
Namun jika tidak ditanya apa yang dibutuhkan/diinginkan, tidak perlu juga koar-koar ya? Malu-maluin jadinya.
Semoga bermanfaat ya Temans, mau buat jus dulu nih!
Salam,


10 comments:

  1. Memang sih teknologi sangat membantu memudahkan segala urusan, tapi jgan membuat kita jadi malas hhe

    ReplyDelete
  2. Kalo lagi males uleg2 emang blender paling cocok biar cepet, apalagi masakan pedes tggl masukin cabe bawang merah putih garem jadi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba.. Tapi kalo udah terbiasa nguleg enakan diuleg ya drpd pake blender

      Delete
  3. Selain ngejus skr kepake juga untuk bikin mpasi nya baby K

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, alat tempur wajib sebagian besar ibu yang anaknya MPASi

      Delete
  4. Aku pakai blender sharp, dulu beli waktu promo dari 600rban jadi 300rban, selain dipakai bumbu, sering dipakai bikin jus buah, sayangnya sekarang karetnya rusak, diganti bocor, belum nemu karet bawahnya yang cocok hmm ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nyari di pasar loak Mba, keknya ada yang jual karet2 gitu kondisi baru

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam