Sunday, 12 March 2017

Mudahnya Hitung dan Bayar Zakat dengan kalkulatorzakat.com




arinamabruroh.com - Mudahnya Hitung dan Bayar Zakat dengan kalkulatorzakat.com
Assalamu’alaikum, sudah bayar zakat?
Ada apa ini, tanya-tanya seputar zakat?
Eits! Karena sebentar lagi bulan Ramadhan dimana ada salah satu kewajiban dan rukun islam yaitu membayar zakat fitrah. Tapi, selain di bulan Ramadhan pun kita juga punya kewajiban membayar zakat bagi yang sudah mencapai syarat-syaratnya.
Saya sudah harus membayar zakat belum ya? bingung ngitungnya... 
“Untuk itulah ada kalkulator zakat yang membantu menghitung zakat dari harta yang kita miliki. Kalkulatorzakat.com merupakan landing page yang digagas oleh Dompet Dhuafa (DD) Jateng, dengan tujuan untuk memberikan edukasi, penyadaran, dan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar zakat dan cara menghitungnya sekaligus melakukan pembayaran zakat secara online,” tutur Imam Baihaqi, Pimpinan Cabang DD Jateng dalam kesempatan launching website kalkulatorzakat.com pada Jumat (10/3) di kafe D’Cost, Semarang.
Imam Baihaqi, Pimpinan Cabang DD Jateng
_dokrpi_

Dompet Dhuafa (DD) merupakan lembaga filantropi yang berdiri sejak tahun 2003 oleh Harian Republika. DD berkhidmat untuk mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnta baik dari individu, kelompok maupun perusahaan.
Dalam kesempatan tersebut, Imam juga menyampaikan beberapa capaian program DD nasional yang harapannya akan terwujud juga di wilayah Jawa Tengah. Saat ini, DD telah memiliki beberapa program peduli dhuafa dengan mendirikan sekolah Smart Ekselensia yang bertempat di Parung, Bogor. Sekolah berasrama ini setiap tahunnya menjaring siswa berprestasi dari kalangan kurang mampu di seluruh Indonesia. Selain itu, di bidang kesehatan telah berdiri rumah sakit ‘Rumah Sehat Terpadu’ yang juga terletak di Parung, Bogor. Rumah sakit ini juga dikhususkan untuk pelayanan kesehatan gratis bagi kaum dhuafa dengan fasilitas penuh yang  berkualitas. Dalam bidang pendidikan, DD juga memiliki Sekolah Guru Indonesia (SGI) yang rutin mengirimkan guru ke daerah pelosok dan tertinggal di Indonesia.
“Beastudi Etos juga merupakan progrm rutin kami setiap tahunnya untuk memberikan beasiswa dan asrama gratis kepada mahasiswa berprestasi dari kalangan tidak mampu,” lanjut Imam.
Kembali ke website Kalkulatorakat.com, jika kita membukanya kita akan langsung mendapatkan ilustrasi mengenai seberapa besar zakat yang harus kita keluarkan setiap bulan/tahun. Sedangkan untuk infaq/sedekah, tidak ada aturan yang mengikat dan jumlahnya disesuaikan dengan kemurahan kati masing-masing individu.
“... di dalam harta mereka terdapat hak-hak orang-orang yang memerlukan, baik yang meminta maupun yang tidak.” (Adz-Dzariyat:19)
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. At-Taubah:103)
“Kami berharap website ini akan memudahkan masyarakat yang masih bingung berapa jumlah zakat yang harus dikeluarkan. Selanjutnya, website ini akan terus dikembangkan menjadi aplikasi di smartphone yang makin memudahkan orang untuk menghitung sekaligus membayar zakat hanya dalam genggaman.”

Contoh ilustrasi Cara Menghitung Zakat Penghasilan

ilustrasi
Nishab zakat penghasilan = 522Kg beras x Rp. 10.000 (asumsi harga beras 1kg) = Rp. 5.220.000
Misal:
Gaji + Tunjangan + Insentif + Pemasukan lainnya Total Rp. 8.500.000
 Apakah sudah berkewajiban zakat? Ya!
Zakat     = 2,5% x Rp. 8.500.000
                = Rp. 212.500
Dibayarkan ketika mendapatkan penghasilan

Tampilan landing page kalkulator zakat DD Jateng 

 Jika belum mencapai nishab wajib zakat, maka masih banyak peluang lain bagi kita untuk berdonasi, misalnya melalui Infak, sedekah, wakaf atau infak program lainnya.
“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat (amil), para mu’allaf, yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (At-Taubah: 60)    
Ayo! Hitung, Bayar, Hati tenteram.  
Jangan biarkan diri kita termasuk ke dalam golongan orang-orang kikir. 
"Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada Hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali Imran:180). 

Gerakan One Month One Care – Satu Kepedulian Sejuta Manfaat
Satrio Prajab, manager fundraising DD Jateng
menjelaskan program One Month One Care
_dokpri_
Selanjutnya, manajer Fundraising DD Jateng, Satrio Prajab menyampaikan tentang gerakan One Month One Care yang tengah digagas oleh tim-nya. Gerakan One Month One Care adalah gerakan yang menyeru untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan dengan cara berdonasi secara rutin setiap bulan. Hasil dari penghimpunan dana tersebut selanjutnya akan disalurkan melalui program-program DD Jateng dalam bidang sosial kemanusiaan, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.
“Belum lama ini kami melakukan advokasi terhadap 258 anak tunarungu supaya mereka mendapatkan masa depan yang lebih cerah,” papar Satrio setelah sebelumnya beliau meminta peserta untuk menutup telinga dan mata, sejenak merasakan penderitaan anak-anak tunarungu.
“Detik ini juga, tim kami sedang mengadvokasi seorang ibu di daerah Mijen yang mengidap tumor sebesar bola basket. Pedihnya lagi, anak si Ibu terlahir tanpa tulang belakang,” lanjut Satrio yang membuat trenyuh siapapun yang mendengarnya.
Kedua kisah itu telah membuka mata kami bahwa di luar sana banyak orang membutuhkan sedikit uluran tangan dari orang-orang yang mampu, terutama yang belum menyadari kewajibannya mengeluarkan zakat dari harta yang dimiliki untuk mensucikan seluruh hartanya.
Tentu, ini hanya sekelumit dari sekian banyak kisah serupa yang mungkin tidak kita dengar. Dan inilah salah satu alasan kenapa kita harus bergabung dalam program One Month One Care yang digagas oleh DD Jateng.

Berfoto bersama blogger dan media
Credit Facebook DD Jateng 

 Sebelum acara berakhir, beberapa komunitas yang telah bekerjasama dengan DD dalam program One Month One Care memberikan testimoni. Diantaranya dari komunitas Ko-Jek Semarang, Semarang Runners, Komunitas Mahasiwa Berbagi (Komaber), dan Komunitas 1000 guru. Mereka mengatakan hal senada yakni merasa menemukan tempat untuk mereka menyalurkan rasa kepedulian mereka.
Jadi, kapan kita peduli?
Salam,




Dompet Dhuafa Jateng
Jalan Abdulrahman Saleh No 199 D
Manyaran – Semarang
HP. 08157798783
Telp. (024) 762 3884
Fax. (024) 76637018

18 comments:

  1. Alhamdulillah ya mbak semakin mudah berzakat ga bingung lagi itung2annya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, ALhamdulillah.. semoga makin banyak orang yang sadar zakat

      Delete
  2. Alhamdulillah, smg akan ada banyak orang yg memanfaatkan kemudahan untuk membayar zakat ini yaa mb..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...
      jika banyak orang yang bayar zakat, banyak mustahik yang mendapatkan manfaatnya.

      Delete
  3. setelah ikut acaranya, sekarang jadi banyak tau tentang zakat dan juga pembayaran zakat yang semakin mudah

    ReplyDelete
  4. Selain ada perhitungan yang pas, uang zakatnya pun bisa digunakan untuk yang benar-benar membutuhkan ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba, kalau lewat lembaga pembagiannya juga merata dan biasanya untuk program-program yang produktif

      Delete
  5. Alhamdulillah ada kalkulator zakat jadi bisa lebih mudah menghitug dan membayar zakat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ika, membantu banget seperti ini :)

      Delete
  6. Kalkulator zakat memang memudahkan ya mba. JAdi kita pun menjadi terbantu untuk memberikan kepada yang ber-hak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, kadang kalau kita membayar zakat langsung ke mustahik kan nggak tahu ya dia sudah dapat dari orang lain atau tidak. Kecuali kita benar-benar tahu jika orang tersebut memang sangat membutuhkan dan tidak ada tenpat bergantung lainnya

      Delete
  7. alhamdulillah jadi lebih mudah, ga bingung lagi ngitungnya. trus bonus hati tenang.. adem.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dini, kalau kewajiban sudah terlaksana rasanya jadi tenang :)

      Delete
  8. Semoga dengan dan ziswaf makin banyak pemerataan ekonomi, dan kaum dhuafa tidak kekurangan lagi ya

    ReplyDelete
  9. Coba ah buat ngitung zakat bulan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Muna :) semoga istiqomah ya Mba.. *ketjup

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam