Monday, 13 February 2017

Icip – icip Sowak, Sup Ikan ngehits di Tembalang Semarang




arinamabruroh.com - Icipicip Sowak, Sup Ikan ngehits di Tembalang, Seputar Kampus Undip Semarang
Semenjak kampus Undip berpindah pusatnya ke kampus atas (Tembalang), daerah sekitar kampus menjadi semakin ramai dan maju. Jalan-jalan selalu ramai, toko – toko dan kedai semakin manjamur. Warung-warung aneka kuliener semakin merebak di sepanjang jalan Ngesrep – Tembalang, tak terkecuali daerah Mulawarman di sekitar rumah kos.
Saat masih kuliah 8-9 tahun silam, jika ada keperluan ke kampus atas paling banter adalah makan di Warung ‘Nyamleng’ yang prasmanan, ambil nasi-sayur dan lauk sendiri, atau juga bisa memilih menu lain seperti Nasi goreng atau Capcay. Jika tidak, warteg selalu jadi pilihan selanjutnya. ((haha. Berasa jadi orang jadul banget deh). Sekarang, aneka kafe yang menawarkan beragam menu berjejer di sepanjang jalan.
Pekan kemarin, kami harus mengantar laptop tua yang sakit-sakitan adik saya setelah diservis. Rencana hanya mengantarkan ke pesantren, berhubung si Adik sedang di kampus maka kami langsung belok kiri ke Ngesrep, menuju kampus. Sampai di kampus ternyata sepi, lupa kalau memang sedang masa liburan.
Menuruti perut yang keroncongan, maka kami pun bergegas mencari warung makan setelah urusan dengan si Adik selesai. Bingung mau ke warung yang mana, akhirnya kami memutuskan untuk ke warung SOWAK, yang menjual aneka menu ikan. Sop iwak (Sup Ikan) adalah menu andalannya.

Suasana saat makan siang, meski gerimis tak sepi pengunjung
dok pribadi @arinamabruroh
Sowak, terdengar aneh dan lucu di telinga ya? Kalau bahasa Jawa Sowak itu kan rusak atau ada yang mengartikan gila. Hehe. Sebenarnya namanya adalah akronim dari Sop Iwak, terdengar aneh tapi malah cepat nyantol di kepala.
Begitu kami tiba di warung SOWAK, banyak meja terisi anak-anak muda. Maklumlah, memang wilayah ‘jajahannya’ mahasiswa. Kata teman-teman saya yang pernah ke sana sih yang menarik buat pengunjung (terutama mahasiswa) adalah ambil nasi sendiri, bebas mau ambil seberapa. Jadi ingat pengalaman waktu masih mahasiswa dulu, yang model begini memang paling banyak dicari oleh mahasiswa terutama laki-laki.
Menu Makanan di SOWAK
dok pribadi @arinamabruroh
Menu Minuman
dok pribadi @arinamabruroh

Menu yang tersedia adalah olahan ikan seperti sup dan tomyum, juga menu yang umum ditemui di warung makan seperti aneka mie, capcay, nasi goreng, dll. Ada juga menu paket sup ikan dengan nasi dan es teh yang cukup terjangkau.
Saya memilih menu Tomyam ikan pedas level 3, berharap bisa makan yang panas-pedas-segar di siang gerimis seperti itu. Suami saya yang kurang suka makanan berkuah memilih mie sayap ayam pedas level 2. Minumannya seperti biasa, es teh! Wkwkwkwk. Di mana-mana selalu pesan es teh atau es jeruk, sulit berpindah ke lain hati. Eaaa!

Es Teh Jumbo Murah Meriah
dok pribadi @arinamabruroh

Nasi ambil sendiri sepuasnya, di sebelahnya bisa buat narsis :D
dok pribadi @arinamabruroh
Tak menunggu lama pesanan kami datang, ternyata es tehnya jumbo! Harganya hanya 3 ribu lho, Temans! Untuk Mie dan Tomyam-nya lumayanlah untuk ukuran warung yang murah meriah seperti ini. Mie-nya dari mie telur biasa yang agak keras teksturnya, sepertinya sih pakai mie telur kering. Menurut saya malah lebih aman dibandingkan menggunakan bahan mie kuning basah yang rentan penggunaan borax dan formalin. Tapi kuah Mie-nya enak, rasa manis-pedas-asin-nya pas. Kebetulan untuk Mie suami saya pesan pedas level 2, biasanya sih jarang makan pedas karena perut langsung bereaksi, tapi kalau makan di luar sesekali mencoba makan pedas paling tinggi level 2.
Sedangkan isi Tomyam-nya terdiri dari fillet ikan yang sudah digoreng tepung, potongan baso ikan, dan potongan jamur tiram. Bumbu rempahnya pun kelihatan gitu, ada daun jeruk, laos, dan serai yang jelas terlihat. Kekurangannya.... mmm... kurang banyak! Hahah. Yakali harga segitu minta banyak-banyak :P
Meja sebelah ada yang sedang menikmati sepiring sup ikannya, dan saya malah jadi ngiler sama sup ikan yang kuning segar itu. Sayang perut sudah kenyang, kalau tidak bisa nambah porsi deh. Lain kali mungkin bisa dicoba lagi pesan sup ikannya.

Mie Sayap pedas level 2
dok pribadi @arinamabruroh

Tomyam Ikan pedas level 3
dok pribadi @arinamabruroh
Enaknya di sini adalah tempatnya di pinggir jalan raya sehingga mudah dijangkau. Tempat parkirnya cukup meskipun tidak terlalu luas. Saat itu sih tidak ada yang parkir mobil, hanya sepeda motor yang memnuhi area. warung dibiarkan terbuka di bagian depan dan salah satu sisi lainnya sehingga saat duduk di sana kita akan ditemani semilir angin.
Makanannya enak di lidah saya (saya mah apa-apa adanya enak sama enak banget :P *kidding) tapi hidung dan lidah saya ini memang diciptakan terlalu sensitif sama yang berbau amis. Jadi kadang saat makan sesuatu yang kata orang lain tidak terasa amis, bagi saya tecium juga amisnya.  Seperti waktu makan di Sowak, saya bilang amis ikannya kerasa, kata suami saya fine-fine aja, kerasa enak bumbunya.
Satu lagi di sini disediakan wall yang bisa dipakai sebagai photobooth, jadi kalau mau foto-foto narsis bisa banget.
Semoga bermanfaat ya!
Salam,




Warung SOWAK
Jl. Banjarsari Selatan No. 18 Tembalang Semarang


28 comments:

  1. Tomyum nya bikin ngileer . :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asem seger enyak Mba Nisa.... *malahmingin2i

      Delete
  2. Mie sayap? :O Merk sayap atau dari sayap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, Mie ada tambahan sayap ayamnya Mba.. hihi. aku kurang nih keterangannya. makasih ya Mba :*

      Delete
  3. Makanannya kelihatan yummy semua. Aku lapar jadinya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir Mba.. lumayan deket kan kalau dr LPMP :)

      Delete
  4. Ikan pedes level 3nya aku pingin Mbak. Lombok nyos ya!
    Namanya lucu ya, sowak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama kali dengar 'Sowak' rasane piye.. ngunu. geli :P

      Delete
  5. mertuaku di tembalang juga mbak..sering nglewati tp belum pernah ngicipi....kapan2 mertuaku tak beliin ini deh

    ReplyDelete
  6. aduuuh enak bangeeet liatnya mbaaa..ngiler :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas pulang ke Indonesia mampir Mba, hihi

      Delete
  7. Mie sayapnya kayak mie rebus ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, tapi kuahnya dikit, mirip mie nyemek gitu :)

      Delete
  8. Sowak, dalam pikiran itu sesuatu yg gak bagus. Eeh ternyata, ini mah super duper kece karena harganya murah meriah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, geli kan dengarnya? tapi ramah banget di kantong :P

      Delete
  9. Saya pernah direkomendasikan teman untuk cicip makanan disini mbak, tapi sampai sekarang belum keturutan. Padahal dekat loh dari rumah saya. Lain kali deh mampir, jadi semakin pengen nih terutama yang sop ikannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu mampir Mba, sama keluarga juga :)

      Delete
  10. Opo ne seng sowak mbak? Hehe... Emeijing namanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sing Sowak sopo ya? *eh

      betul, namanya aneh tapi malah jadi gampang diingat :)

      Delete
  11. Seru ya mbak.. Menunya variatif. Nasinya itu..kalo para cowok, pasti pada suka..wong bisa ngambil semaunya. Pedesnya berlevel?suka! Apalagi..cabe pas mahal..jadi dimaksimalin aja...yang level atas, biar pedesnya puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, pas banget ini. wkwkwk

      Mungkin kalau sambelnya tersedia di meja, bakal dibawa juga sama pengunjung :P

      Delete
  12. harganya bersahabat banget, jadi kepengen jajal mba.
    udah lama nggak mam sop iwak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mba, main ke Tembalang trus makan di sana :)

      Delete
  13. penasaran jadinya sama sup ikan semarang ini rasanya gimana, soalnya untuk sup ikan itu sih batam jagoannya..

    ReplyDelete
  14. jadi referensi kuliner kalo ke semarang, harus nyoba, uenak kelihatannya

    ReplyDelete
  15. hobyku banget baca ginian wisata kuliner, disemarang banyak pilihannya ya. daftar harganya cukup ga buat kantong anak kos he
    .

    ReplyDelete
  16. Sop ikannya nggak bau amis bener, mba? Kalau nggak amis, aku suka nih :)

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam