Monday, 27 February 2017

5 Detik Menyingkat Link Blog

Assalamu’alaikum,
Teman-teman seringnya membuat link di blog yang panjang atau singkat sih? atau mungkin tidak pernah mengedit link sebelum publish artikel di blog?
Saya teringat dengan workshop yang mendatangkan Mak Carolina Ratri aka Mak Carra yang mengatakan bahwa permalink itu penting untuk meningkatkan peluang artikel kita terindeks oleh Mbah Gugel.  Jadi, sebaiknya kita membuat link khusus dengan kata kunci yang kita inginkan atau minimal agar tidak terpotong (jika otomatis kadang terpotong).

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang menanyakan bagaimana caranya agar link dari blog kita bisa disingkat, terutama saat akan membagi link lewat twitter atau dimasukkan ke dalam bio instagram. Space di twitter yang sedikit memang tidak memungkinkan untuk share link seutuhnya, apalagi jika kita ingin menambahkan kata pengantar dan hashtag yang diperlukan.
Nah, ada cara yang praktis sekali yaitu lewat penyedia layangan shorting link. Saya dapat info ini dari salah satu obrolan di grup whatsapp yang saya ikuti. Alhamdulillah waktu itu langsung praktik dan berhasil.
Caranya adalah dengan menggunakan layanan BITLY(dot)com.
Pertama, bukalah browser dan masuk ke situs bitly(dot)com.
Ada pilihan untuk sign up, tapi kita bisa menggunakan layanan gratis shorting link tanpa mendaftar terlebih dahulu.
Di tengah home page, ada kotak putih dan oranye dengan tulisan shorten link. Itu adalah kolom untuk memasukkan link yang akan kita singkat.

Homapage bitly
masukkan link yang akan disingkat ke dalam kolom putih


Contohnya:
Saya akan membuat short link dari link panjang berikut:
link ini saya masukkan ke dalam kolom shorten link bitly yang telah disediakan, detik berikutnya link tersebut berubah menjadi link yang sangat singkat, seperti ini:
cukup singkat bukan? Dan sangat spaceable untuk kita share lewat twitter. Bandingkan dengan link sebelumnya yang pasti akan memakan banyak ruang di twitter yang sekali cuit hanya berapa karakter itu kan? Dengan link yang telah disingkat, akan lebih mudah menambahkan pengantas sekaligus hashtag yang diperlukan.

Hasil shorting link dengan bitly

Semoga nggak galau lagi ya, buat yang belum tahu. Hehehe. Kalau yang sudah tahu mohon maaf kalau tulisan ini jadi semacam sampah. Muehehehehe.
Kalau kekurangannya apa, sejauh ini saya sih belum menemukan. Tapi memang saya hanya menggunakannya saat benar-benar memnbutuhkan short link. Jika share di facebook, grup whatssapp dll saya lebih memilih menggunakan link asli.
Selamat mencoba, ya Temans.
Semoga bermanfaat. Salam,

4 comments:

  1. Makasih infonya..
    Iya, kdng klo ditwitter aku juga hrs nyingkat link mb..

    ReplyDelete
  2. Aku baru 2 kali menggunakan bitly ini, Mbak. Soalnya syarat share harus yg singkat. Itu udah duluuuu banget. Hehehe.
    Trus males kalo nyingkat lagi. Tapi buat share di Twitter, emang kadang perlu juga, ya :)

    ReplyDelete
  3. aku biasa pakai goole url mba. Iya, perlu bgt buat share di twitter.

    ReplyDelete
  4. asli enak dan simple, apalagi untk di twitter. Hemat hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam