Tuesday, 24 January 2017

5 Cara Memilih Agen Properti Terbaik

arinamabruroh.com – SPONSORED POST

Assalamu’alaikum, Temans.
Ada yang tinggal di apartemen lalu ingin pindah dan menjual apartemen-nya? Hm.. sama halnya dengan menjual rumah, menjual apartemen pun tak semudah menjual selembar kain. Kata orang menjual dan membeli rumah atau properti itu ibarat mencari jodoh. Jika belum pas, belum sreg belum klik atau apalah namanya, bagaimanapun berusaha tidak akan melangkah sampai pelaminan. Eaaaa..!
Begitu pula urusan jual/beli properti. Jika sudah jodohnya dengan pemilik rumah, tiba-tiba jalannya mulus saja ibarat melaju di jalan tol. Tapi jika belum, terkadang sampai rumah mangkrak pun belum juga berjodoh dengan pembelinya.
Bagi si Perfeksionis, pasti ingin jual apartemen sendiri tanpa perantara, karena jelas lebih menguntungkan secara biaya. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan semuanya sendiri jelas menguras energi dan waktu. Terlebih jika tidak memiliki cukup pengetahuan tentang cara menjual apartemen yang tepat, bisa-bisa tidak jadi untung, malah buntung. Eh, rugi maksudnya.

Oleh karena itu, menggunakan jasa agen properti merupakan solusi terbaik. Dua keuntungan utama menggunakan jasa agen properti yaitu:

·         Pemasaran lebih efektif dan efisien
Agen properti memiliki jaringan marketing yang luas, pemahaman pasar yang baik serta memiliki skill administratif yang mumpuni. Di tangan agen properti, urusan jual apartemen akan menjadi mudah.
Coba kalau kita menawarkannya sendiri, pastinya terbatas pada orang-orang yang berada dalam lingkaran sosialisasi kita. Kecuali networking kita memang sudah banyak dan dengan orang yang berpotensi membelinya ya Temans.
·         Legalitas terjamin
Agen properti memiliki kapabilitas tinggi terkait segala hal yang berhubungan dengan dokumen-dokumen. Legalitas penjualan properti kita akan tertangani dengan baik, seperti sertifikat, balik nama dan lain-lain.
Hal ini harus benar-benar diperhatikan ya Temans. Jangan sampai karena kurangnya perhatian terhadap segala macam dokumen kita dirugikan atau malah kita yang tertipu oleh calon pembeli.

Ilustrasi


Lantas bagaimanakah langkah-langkah cerdas memilih agen properti yang terbaik, dimana saat ini cukup banyak agen properti yang menawarkan keunggulan masing-masing. Untuk mengetahui sejauh mana kompetensi mereka, berikut adalah beberapa cara jitunya. Simak ya Temans.
1.    Pengalaman
Pastikan agen properti tersebut memiliki pengalaman jual apartemen selama lebih dari 2 tahun, serta telah lihai dalam menaksir atau memprediksi nilai rumah (appraisal).
Seperti halnya syarat untuk mengisi jabatan di sebuah perusahaan, memiliki pengalaman dalam bidang yang dibutuhkan sangat menentukan kelihaian seseorang dalam pekerjaannya. Demikian juga seorang agen properti. Dua tahun berkecimpung dalam bidang ini tentu telah memberikan pengalaman lebih baginya.
2.    Listing
Pastikan broker tersebut memiliki banyak listing saat ini. Dari listing tersebut kita dapat mengetahui sejauh mana jaringan atau pasar transaksi agen properti tersebut.
Tentunya kita ingin agar apartemen kita cepat terjual bukan? Dengan banyaknya list jaringan yang dimiliki agen properti, kita berharap agar informasi penjualan rumah atau apartemen kita lebih cepat diketahui oleh banyak orang.
3.    Team
Pastikan agen properti pilihan kita tersebut memiliki team yang kuat dalam menangani listing apartemen. Dengan memiliki sebuah team atau partner maka hal tersebut adalah nilai lebih karena mereka dapat membagi tugas dan tidak akan kewalahan menangani penjualan apartemen.
Ibarat semut yang selalu bekerja dalam team agar pekerjaannya lebih cepat terselesaikan, agen properti pun seharusnya seperti itu. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, setuju?
4.    Background pendidikan
Setidaknya agen properti yang akan menangani penjualan apartemen kita haruslah memiliki pendidikan yang tinggi, dimana mereka akan menangani transaksi properti senilai ratusan juta. Biasanya agen properti terbaik bergelar sarjana atau magister hukum, MBA, master dalam pengembangan real estate dan sebagainya.
5.    Rencana pemasaran
Tidak semua agen properti akan memberikan rencana pemasaran jual apartemen sebelum menandatangani perjanjian. Sebaiknya kita memilih broker yang berani memberikan planning marketing mereka dari awal, sehingga di tengah perjalanan kita dapat mengikuti alur kerja mereka dengan baik.

Semoga bermanfaat ya Temans,
Yang mau jual rumah atau apartemen semoga cepat laku. Yang jadi agen properti semoga dapat klien yang mudah dan menyenangkan. Temans yang sedang mencari rumah semoga segera berjodoh dengan rumah impiannya. Dan yang sedang mencari jodoh semoga segera dipertemukan di pelaminan. Eh?!
Salam,



15 comments:

  1. Semoga kalau nanti dalam prakteknya ku melakukan jual beli rumah semoga lancar jaya dan harga yang pas ah Aamiin

    ReplyDelete
  2. Aamiin aamiin ya rabbal alamiin doanya Vita ya

    ReplyDelete
  3. Sipp mba arina. Emang butuh pertimabangan yg matang kl urusan properti ini yach. Makasiy uda berbagi tipsnya. Ngaminin semua doa mba arina diatas deh yaa.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba, semoga bermanfaat.

      Aamiin.. :)

      Delete
  4. Amin, point2 yg super p@enting sekali ini biar terhindar dari tipu2 juga Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Wid, kalau ketipu kan sayang banget, urusan ginian duitnya gede je

      Delete
  5. Replies
    1. Betul, ini juga poin yg tak kalah penting :)

      Delete
  6. Aku cari yang udah kenal, atau minimal rekomendasi teman yang udah pakai jasanya dan puas.

    ReplyDelete
  7. Agen properti bikin gak ribet sih. Tapi harus jeli juga, ya? Biar dapat yang amanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba, kalau ga jeli, risikonya ketipu

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam