Monday, 7 November 2016

Coba Trik Berikut untuk Negosiasi Harga Mobil Baru yang Super Miring






Assalamu’alaikum, Temans...
Ngomong-ngomong soal mobil, kalau buat Teman-teman semua, mobil jadi barang yang wajib dimiliki atau nggak sih?
Kalau buat keluarga dengan personil cukup banyak sebenarnya penting banget untuk keperluan transportasi keluarga. Tapi, masing-masing keluarga punya prioritas yang berbeda. Ada yang mendahulukan memiliki mobil karena berbagai alasan dan kebutuhan, ada juga yang menganggap mobil adalah kebutuhan yang paling akhir untuk dipikirkan.
Saya termasuk yang terakhir tadi lho... *ups* wong buat keperluan dan makan sehari-hari saja pas-pasan ko mau mikir punya mobil. Yakali kalau tiba-tiba dapat mobil baru gratis gitu karena menang lomba atau kuis *kemudian digeplak pakai setir*

Btw saya jadi inget 3,5 tahun yang lalu, beberapa hari setelah menikah dan diboyong ke rumah mertua, saya heran tapi nggak berani tanya-tanya *iya, masih malu unyu-unyu sok jaim gitu* perihal mobil (tua) yang parkir cantik di garasi.
Maklum, saya baru sekali berkunjung ke rumah (calon) suami sebelum menikah dulu. Jadi cukup heran dengan perubahan yang ada di rumahnya, apalagi ingatan tentang rumah itu pun samar-samar, karena berkunjungnya kan juga cuma sebentar, hanya untuk berkenalan dengan calon ibu mertua. Yaelah.. sekipsekip!  Mau ngomongin mobil malah jadi bahas macam-macam.
Baru setelah itu saya baru tahu kalau bapak mertua memutuskan untuk membeli mobil hanya sebulan sebelum hari H pernikahan kami. Dan barulah saya percaya kalau suami saya sudah ahli megang setir bulet *sok yang butuh jasa driver* loh! Hitung-hitung ngelemesin tangan sebelum punya mobil sendiri gitu. Kalau pakai mobil orang tua terus kan nggak enak juga meskipun kalau mau pinjam juga diizinkan. Well, semoga kelak bisa punya rumah dan kendaraan sendiri. Aamiin...
Rupa-rupanya, bapak mertua ingin membeli mobil baru guna menggantikan si Kijang kapsul yang sudah tua. Hm.. akhirnya kami yang mencari info seputar itu, browsing info mengenai pembelian mobil baru, harga mobil dan juga sesekali meyambangi pameran mobil.
Meskipun akhirnya bapak mertua memutuskan untuk batal membeli mobil, kami jadi punya pengalaman dan informasi seputar membeli mobil baru deh... semoga kelak bermanfaat.
Membeli mobil baru  menjadi sebuah pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan terutama bagian dimana kita bisa memiliki kendaraan sendiri. Mobil juga menjadi kendaraan pribadi yang diimpikan oleh semua orang ya, meski harganya terbilang mahal *yang ini pasti setuju*.
Saat ini banyak layanan kredit yang ditawarkan oleh dealer yang bekerjasama dengan perusahaan leasing yang katanya menguntungkan kedua pihak secara finansial. Kalau saya sih kudu mikir-mikir lagi untuk beli mobil kredit karena pendapatan belum mencukupi. Hihi. Semoga kelak bisa punya mobil tanpa harus kredit deh. Aamiin... *boleh dong saya mimpi*
Terlepas dari bagaimana mendapatkan mobil yang  aman bagi sektor keuangan keluarga tentunya kita juga perlu melakukan negosiasi selama transaksi untuk mencapai kesepakatan dan menguntungkan kedua belah pihak.
Membeli mobil pertama dan baru di sebuah dealer sebaiknya tidak perlu ragu melakukan negosiasi supaya mendapatkan harga terbaik. Nah, ada banyak trik bernegosiasi supaya bisa memperoleh harga yang tergolong murah untuk kendaraan roda empat yang masih kinclong.
Apa saja? simak yuk... diantaranya adalah:

Informasi yang cukup seputar mobil itu penting
Pertama, Berbekal informasi yang cukup,
Semua brand mobil setiap waktunya akan melakukan pembaharuan, tidak hanya menelurkan type kendaraan roda empat baru. Namun terkadang juga mengeluarkan seri pembaharuan dari seri  lama yang sudah diluncurkan di pasaran. Info ini berguna karena type mobil yang oleh pabriknya hendak dikeluarkan type pembaharuan atau facelift harganya cenderung turun. Kadang dealer juga memberikan diskon khusus untuk type mobil yang akan diperbarui.
Kedua, Berkunjung ke dealer menjelang akhir bulan,
Trik negosiasi lain supaya mendapatkan mobil baru dengan harga lebih miring ialah berkunjung ke dealer pada moment yang tepat. Salah satunya dengan memilih akhir bulan atau menjelang akhir bulan yang biasanya menjadi tenggat penutupan target bulanan. Pada waktu ini dealer tidak akan segan memberikan penawaran yang menarik guna mendapatkan lebih banyak pembeli supaya target penjualan tercapai. Apabila dirundung budget yang masih kurang dari harga standar mobil, bisa memilih moment menjelang akhir bulan ini supaya mendapatkan penawaran harga yang tergolong langka.
Ketiga, Menunjukkan niat untuk membeli mobil,
Dealer biasanya akan menanggapi secara ringan pertanyaan yang diajukan pengunjung dealer yang terlihat sekedar melihat-lihat. *hahaha. Ini sih yang saya alami di pameran*
Katanya sih, pengunjung yang nampak sok tahu biasanya hanya meluangkan waktu memamerkan info yang ia tahu sehingga niat membelinya tidak nampak. Maka saat berkunjung ke dealer pastikan memiliki kesan yang kuat untuk membeli salah satu unit yang ditawarkan. Berikan kesan bahwa kita pun ingin memperoleh penawaran harga terbaik untuk bisa membawa pulang unit mobil tersebut. Cara seperti ini cukup efektif untuk mendapatkan diskon yang menarik sehingga perlu dilakukan uji coba secara langsung.
Keempat, Berkeliling ke beberapa dealer sekaligus,
Untuk mendapatkan penawaran harga mobil yang bagus ada baiknya untuk tidak terlalu terburu-buru, sebab bisa mendapatkan harga yang sebaliknya. Cara sederhananya adalah dengan berkeliling ke beberapa dealer baik satu brand atau ke brand mobil lainnya. Lakukan penawaran kemudian bandingkan semua dealer yang telah dikunjungi tersebut mana yang penawarannya paling menggiurkan. Jika tidak melakukan perbandingan maka seketika hanya menemukan penawaran mati dari satu dealer. Nggak menguntungkan kita banget kan karena kita jadi tidak bisa membandingkan harga.
Kelima, Jangan khawatir untuk meninggalkan dealer,
Seperti berbelanja di pasar jika harga yang dikehendaki tidak mendapat persetujuan sebaiknya ditinggalkan saja. Bisa jadi dengan kepergian Kita maka dipanggil kembali dan memberikan harga sesuai yang ditawar tadi. Hal yang sama ternyata pun berlaku untuk proses negosiasi harga di sebuah dealer mobil dan layak untuk dipraktekkan. Jika setelah meninggalkan pintu dealer tidak kunjung dipanggil di luar sana masih banyak dealer sejenis. Ada kemungkinan besar salah satu dealer lain menerima penawaran harga yang diinginkan. Langkah sepert iini juga cukup membantu memperoleh harga mobil baru yang tentunya sangat miring.
Bagaimana Temans, sudah siap berburu mobil baru di dealer? Saya baru mempraktikkan beberapa trik aja nih, berhubung yang mau beli jadi maju-mundur.
Well, semoga informasi dan trik-nya bermanfaat ya, terutama buat Teman-teman yang sedang mencari mobil dan membutuhkan harga miring.

Salam,  

21 comments:

  1. Iya ya mba, udah malu duluan kalau masuk dealer, padahal mah nanya-nanya atau test drive tapi nggak beli juga nggak masalah yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Iya Mba, kitanya udah nggak enakan dulu :D

      kadang juga para SPG-nya nggak ngelayanin sih kalau kita cuma lihat2.. padahal tujuannya dipamerin kan jg buat dlihat2

      Delete
  2. Triknya Oke punya..

    Iya memebeli mobil kadang kaya jodoh, gampang2 susah. Dan gitu deh apalagi kalo bareng bapak suami cuma nanya2 tho, udah lama, kepo, eeh..ujung2nya keluar dr dealer/pameran hmm *nutupin mukaaa..

    *kalo aku pengennya to the point aja, ini...ya udah ini,ga pake nyari2 lagi xixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, kek beli barang juga males banding2in ke toko-toko karena makan waktu dan capek juga, makanya sekarang suka banget beli online aja :D

      Delete
  3. Waaah. Ternyata ada trik waktu juga. Akhir bulan, ya. Siap. Makasih infonya, Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhu...! ayok beli mobil baru. ehehehe

      Delete
  4. Tipsnya oke banget mba Arina, penting buat yg lagi cari mobil apalagi kalo bujetnya terbatas.. thank you, yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Zata,

      Sekarang banyak keluar mobil 'murah' ya, bisa jadi solusi buat yang budgetnya terbatas.
      emmm... tapi 'mobil murah' pun buat saya tetep mihil :D

      Delete
  5. Dan nanti minta diskon, klo nyicil, diskon dari jarganya dipotongin ke harga pokok lumayan ngurangin jumlah cicilan lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sispsip. makasih tambahannya Mba Vita.. :)

      Delete
  6. Ngomongin mobil, jadi keinget kalau pagi2 mau kepasar lewat sekolahan elit, beuh mobilnya berkelas semua..mbatin sambil do'a, moga kelak bisa dapet mobil kaya begini. Aamiin*curhat..he..makasih mba infonya yaa, jd punya ref klw mau beli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Sepertinya aku tahu sekolah yang dimaksud* ehehehe

      Aamiin... sama Cha, doakan aku juga bisa punya mobil sendiri :)

      Delete
  7. hihi ternyata nego harga mobil di dealer bisa pake cara nawar di pasar ya mba, kalo gak cocok pergi aja siapa tau di panggil dan dikasih harga yang kita mau :D

    ReplyDelete
  8. Kalo beli pas rame-ramenya pengunjung dealer, bisa juga lho mbak mempermudah penawaran kita. Soalnya petugasnya udah kebanyakan kerjaan, jadi gampang ngasih diskon. Hihihi.
    Eh tapi mungkin gak semua begitu ya... ini pengalaman suami aja, sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. OOh... ic, makasih tambahannya Mba Deka.. noted :D

      Delete
  9. Boleh nih tipsnya mbak. Save dulu ah. Buat besok-besok diterapkan pas perlu mobil baru

    ReplyDelete
  10. Tipsnya suka. Bener2 harus cak cek dulu sebelum memutuskan membeli mobil ya. Soalnya harganya juga berjut2. Bener2 penuh pertimbangan dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, kudu cermat.
      salah-salah kita sendiri yang rugi dan nyesel

      Delete
  11. Pengalaman aku dulu, nanya nanya dulu di berbagai tempat dan ngecek sedetail mungkin sebelum membeli mba :)

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam