Saturday, 29 October 2016

Tips Atasi Sakit Maag Kronis Secara Alami




Assalamu’alaikum,
Apa kabar, Temans? Lama sekali tidak berjumpa Teman-teman semua. Biasalah, emak-emak disibukkan dengan urusan ‘dalam negeri’. Apalagi si kecil juga sakit selama beberapa hari kemarin yang menyebabkan saya juga kudu fokus mengurusnya. Pegang gadget hanya bisa sedikit ceki-ceki medsos itupun menuai protes darinya. Mau ngetik? Siap-siap saja ada yang menggelendot dan sibuk memainkan keybord. Hehe. Nikmatnya jadi ibu ya!
Terkadang dalam kondisi yang seperti itu saya ikut tumbang, lho! Disebabkan oleh waktu istirahat yang jauh berkurang terlebih di malam hari harus terbangun karena rengekan si Kecil. Selain itu, siang hari pun lebih banyak menemaninya goleran di kasur.
Emak-emak tak boleh sakit! Itu saya setuju sekali. tapi kadang saat rutinitas berubah drastis dan tidak bisa meng-handle beberapa hal, pola makan berubah, stress meningkat dan maag saya kambuh. Hiks! Kalau sudah begini, rasanya makin berat saja hidup (halah!)

Sebagaimana yang dilansir dari alodokter.com, Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Maag disebut juga dispepsia.
Penyakit ini disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.
Maag adalah penyakit umum yang diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mulai dari maag biasa sampai akut. Gejala yang paling umum terjadi adalah adanya rasa nyeri di bagian ulu hati, perut terasa panas dan kembung, dll.
Meskipun terdengar sederhana, penyakit maag juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain dan komplikasi di bagian organ dalam lainnya. Pernah mendengar kan, kalau Rasulullah Muhammad SAW mengatakan bahwa segala penyakit timbulnya dari perut? Selain pola makan yang salah atau terlalu banyak makanan yang tidak sehat, jika perut sudah terserang maka mudah saja penyakit lain datang. Maka dari itu jika terserang maag harus segera diatasi.
Bagaimana Cara Menyembuhkan Maag Tanpa Obat Kimia?

Pertama, Hindari Pemicu Sakit Maag (Pemicu Asam Lambung Tinggi)
Saya dulu pernah mengkonsumsi obat kimia untuk mengatasi maag saya, tapi ternyata belum sembuh benar. Maka saya pun menghentikannya dan beralih ke pengobatan alami dengan jamu. Namun berhubung saya belum bisa meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi beberapa makanan yang seharusnya dihindari oleh penderita maag, seringkali saya harus mengalami nyeri dan panas di lambung.
Ini sih salah saya sendiri ya, sudah tahu sakit maag tapi masih nekad makan-makanan yang membahayakan lambung. Habisnya makanan favorit saya adalah yang pedas-pedas, ketan, tape, dan kopi!
Untungnya sekarang saya mulai sedikit-sedikit bisa menghindari makanan itu dan hanya mengkonsumsi sesekali saat keinginan tak tertahankan. Yah, anggap saja makanan selingan.
Sekarang saya justru tidak bisa makan pedas lho, kebalikan dengan dulu sebelum sakit maag dan berujung pada typus. Sebenarnya penyebabnya berbeda antara maag dan typus, tapi penderita maag lebih berpeluang terkena penyakit typus juga.
Jadi, penting sekali untuk menghindari pemicu seperti makanan pedas, berminyak, bersantan, dan asam. Selain itu juga menghindari minuman beralkohol, rokok, soda, dan kopi. Tak kalah penting juga adalah hindari stress! Yuk mari kita hepi-hepi saja!

Kedua, Pola Makan dan Hidup Sehat
Maag bisa diatasi dengan pola makan yang sehat dan tepat. Bagi penderita maag, makan secara serampangan sangat beresiko meningkatkan gejala. Oleh sebab itu, makan di jam makan atau makan secara sedikit demi sedikit tapi teratur akan lebih baik agar lambung tidak benar-benar kosong. Jika lambung kosong dan dia terus bekerja maka asam lambung akan meningkat yang menyebabkan terasa nyeri di ulu hati.
Pola hidup yang sehat seperti istirahat yang cukup dan teratur juga akan mengurangi resiko meningkatnya maag. Selain itu dengan pola hidup sehat akan mengurangi resiko stress yang bisa memicu maag. Mengkonsusmi obat dan terapi ini-itu jika kita sendiri belum bisa mengatur pola makan, pengobatan tersebut akan sia-sia.

Ketiga, Terapi dengan Obat Herbal /Jamu

Obat herbal untuk sakit maag, Maggo
Koleksi pribadi (arinamabruroh.com)

Dulu, saya pernah mengkonsumsi kunyit dan minum seduhan pati kanji/aci. Uuuh! Bisa dibayangkan bagaimana rasanya minum ‘susu kanji’ tersebut. Lama kelamaan saya tidak tahan dengan aroma dan rasa yang tertinggal di tenggorokan.
Beruntung sekali sekarang ada jamu yang mudah dikonsumsi sebagai terapi penyakit maag kronis, yaitu MAGGO.
Maggo terbuat dari bahan alami yaitu lengkuas, kacang hijau, jamur kuping, cengkeh, dan kunyit yang diracik berdasarkan resep keluarga sejak tahun 1957. Maggo telah diproduksi sejak tahun 2013 dan saat ini sudah mendapatkan izin BPOM TR 133270 301 dan sertifikat halal MUI No. 01271099010414.
Kemasannya sangat eksklusif lho, dengan tabung kaca dengan tutup karet yang rapat dan disegel sehingga aman dari menguapnya khasiat yang terkandung dalam jamu. Satu box maggo terisi 6 tube.
Yuk, intip unboxing maggo saya di sini 



Bagaimana cara mengkonsumsi Maggo?

Seperti jamu kemasan pada umumnya, maggo berbentuk serbuk dan dikonsumsi dengan menyeduhnya. Bisa juga dengan ditambahkan gula/madu untuk menambah rasa. Kalau saya minum maggo dengan tambahan madu. Caranya seduh dengan air mendidih lalu diamkan sampai hangat kuku, tambahkan satu sendok makan madu, aduk rata lalu minum.
Sebelum minum madu saya membayangkan akan mendapat rasa pahit khas jamu, ternyata tidak lho! Malah terasa manis madunya. Sepertinya jika tidak menambahkan madu/gula, hanya terasa aroma jamu tapi tawar di lidah.

Minum Maggo dengan tambahan madu
koleksi pribadi (arinamabruroh.com)

Agar bisa terbebas dari maag disarankan minum maggo minimal selama 12 hari berturut-turut dan lebih lama bagi penderita maag yang lebih akut. Bagi penderita yang sudah terlanjur mengkonsumsi obat kimia juga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk terapi dengan maggo. yang perlu diperhatikan juga, bahwa reaksi setiap orang terhadap jamu berbeda. Ada yang langsung manjur ada juga yang membutuhkan waktu lama hingga benar-benar sembuh dari maag.
Apa ada efek sampingnya? Hm... karena maggo adalah jamu dan tidak mengandung BKO (bahan kimia obat) maka tidak ada efek samping dan reaksi negatif. Kecuali jika ada yang punya alergi terhadap bahan yang digunakan ya, jadi sebaiknya jika mau mengkonsumsi jamu harus benar-benar memastikan tidak alergi terhadap bahan-bahannya.
Oia, sangat disarankan juga selama terapi maggo, tidak mengkonsumsi makanan pemicu asam lambung tinggi seperti yang sudah dibahas di atas. Jika masih mengkonsumsi obat kimia untuk maag pun sebaiknya dihentikan.
Alhamdulillah saya baru beberapa hari minum maggo, perut tak lagi terasa kembung. Semoga sembuh benar maag saya.
Jika Teman-teman membutuhkan obat maag dan ingin mencoba Maggo, bisa memesannya lewat online di situs resmi maggo PT ERA SUKA Saat ini maggo hanya dijual online ya, Temans. Berhati-hati barangkali ada barang palsu yang tersebar kan kita sendiri yang rugi. Bisa dicek juga di akun instagram maggo yaitu @maggoid.
Kesehatan adalah anugerah dari Tuhan yang wajib disyukuri dan kita jaga. menjaga kesehatan lebih utama daripada mengobati yang sudah sakit. Untuk itu, mari menjadi bijak terutama dalam mengkonsumi makanan yang masuk ke dalam perut kita. Salah-salah bisa menimbulkan penyakit berkepanjangan.
Menjaga pola makan bukan berarti tidak bisa menikmati hidup. Setuju?!
Semoga bermanfaat ya, Temans! Semoga yang sakit segera disembuhkan dan yang sehat senantiasa dijaga dalam kesehatan dan kondisi prima.
Salam sehat!

33 comments:

  1. Maggo kandunganya apa mba Arina? Syukurlah sekarang obat herbal bermunculan. Lebih aman dari kimiawi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kandungannya ada kacang hijau, jamur kuping, lengkuas dan kunyit Mba.. 😊

      Delete
  2. Jadi inget om ku yg meninggal kmren krn maag akut mb. Hiks. Bener banget maag itu krn salah pola makan dan pikir y? Bermanfaat skali infonya. Besok ak rekomendasiin ke sodara2ku yg kena maag ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi wa inna ilaihi raji'un.. Smg diterima Allah ya Mba, Om-nya Mba Rahma.
      Memang penyakit sepele tapi kalau sdh parah bs merembet kemana2 mba..

      Delete
  3. Kalau punya sakit maag itu memang jaga pola makannya harus lebih baik ya, Mbak.
    Semoga maagnya benar-benar akan sembuh ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba.. Padahal aku akhir2 ini kadang malas makan tapi rajin nyemil.. Jd ndut perut, tapi kembung.
      Moga stlh ini sembuh. Aamiin..

      Delete
  4. Belum pernah nyoba maggo..ak.punya magg kronis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mba kalau mau nyoba, smg jd jalan kesembuhan. Aamiin.. 😊

      Delete
  5. Wah baru tahu nih, aku juga punya magh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, aku jg belum lama tahu, mgkin bs dicoba Mba biar magh nya sembuh 😊

      Delete
  6. Ini info penting banget secara sering kena maag.
    Thanx mbak..

    ReplyDelete
  7. Ini produk baru yaa mba, baru tau soale..

    ReplyDelete
  8. Waah ini aku lagi kumat sakit maagnya, mulai perih2 padahal baru makan. Oww obat maag herbal ya?'.
    Baiklah aku cobaa aahh Maak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba, Teh
      Semoga cepet sembuh magh nya Mba..

      Delete
  9. temen deketku ada yang punya maag dan cocok pake Maggo ini mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang cocok pakai maggo berarti Mba 😊

      Delete
  10. Wah,pas buat dicoba nih.aku ogah minum obat paten. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mba.. Aku jg kalau nggak terpaksa banget nggak mau minum obat 😊

      Delete
  11. Ibuku jg skt magg mb minum maggo aja y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. Smg jd jalan kesembuhan ya pakai maggo 😊

      Delete
  12. Aku susah menghindari sumbernya, Mbak. Makanan pedas. Soalnya suka. Tapi kalo dah kambuh baru tobat. Selesai magh makan sambal lagi. Haha

    Perlu dicoba nih yang herbal2 biar badan sehat ga banyak terkontaminasi zat kimia. Kan biar ketahanan tubuh lebih baik juga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba,

      Aku jg kadang nekat kalau pengen pedes, ketan, tape dll tapi hbs itu ya siap dg konsekuensinya

      Delete
  13. Bener banget Mbak, emak-emak emang nggak boleh sakit. Alhamdulillah aku nggak punya maag.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba, jangan sampai kena Magh kalau emang nggak :)

      semoga sehat selalu ya Mba..

      Delete
  14. Mba Arina, aku pernah kena maag dan sakit banget. HIks. Sampe nggak masuk kerja. Tau gitu aku nyoba ah yang alami alami aja. Makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cocok pakai Maggo ya Mba Lid.. susah-susah gampang memang si magh :D

      Delete
  15. Kadang suka nggak sadar kalo punya Maag. Ini kayaknya praktis banget obatnya, mana alami pula. Mau coba ah ntar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mba, semoga jadi jalan kesembuhan buat Mba Neisia :)

      Delete
  16. Mba arina kalo pake madu masih kerasa jamu mending minumnya sambil liat sy deh.. entahlah nanti akan berasa manis ato kecut. Hihihihi #abaikan

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam