Wednesday, 14 September 2016

Serunya Ngobrol Blogger Semarang Bersama BCA SAKUKU



Serunya Ngobrol Blogger Semarang Bersama BCA SAKUKU- Assalamu’alaikum, Temans..apakabar? jelang weekend harus makin semangat dong! Atau malah lemes lagi gara-gara nggak bisa liburan?!
Eits! Jangan sedih, agendakan liburan murah meriah, bisa quality time bersama keluarga sudah cukup untuk recharge energi selama sepekan ke depan. Nah! Masih mau lemes?!Senyum dulu dong..! cheese!
Habis senyum, dengerin ya ceritaku (bukan dongeng loh, jangan ketiduran :D). Rabu (31/8) saya bareng teman-teman blogger Semarang menghadiri undangan dari BCA. Dengar-dengar sih acaranya ngobrol santai sama salah satu blogger kondang Semarang sekaligus mau perkenalan (yaelah perkenalan) inovasi terbaru BCA yaitu Sakuku.
Saya yang berangkat bareng Mba Wati, sesepuh blogger GandjelRel, sempat kesasar karena tidak menemukan plang ‘Jl. Tambora’ tempat acara berlangsung. Tanya kebeberapa orang ternyata nggak tahu juga, Alhamdulillah setelah sedikit gambling akhirnya sampai juga dan langsung disambut dengan suasana cozy kafe Nestcology. Namanya jaga unik banget ya?

Narsis dulu sebelum masuk kafe :D
dok. Pribadi
Sebelum masuk kafe, begitu melihat spot-spot unik langsung deh foto-foto untuk koleksi pribadi dan upload ke instagram biar eksis *biar nambah followers jugak! Wooy! Follow Eikedongg...ups!* ehm..fotonya Cuma sampai antrian registrasi berkurang ko, habis itu registrasi trus naik ke lantai dua tempat acara berlangsung. Wow! Ternyata kami disambut dengan venue yang cantik sekali  dan juga rekan blogger lain yang sudah lebih dulu menempati tempat duduk.
Berhubung acara belum mulai, maka kami pun tak ingin ketinggalan bergaya di photobooth. Apalagi view dari kafe Nestcology ini cakep banget! Kita bias memandang kelap-kelipl ampu Kota Semarang dari ketinggian.


Venue cantik menyambut kami
dok. pribadi

Tips Menjadi Food Enthusiast ala Nuno Orange
Setelah menikmati dinner sambil ditemani live music nuansa jazz, tiba juga saat yang ditunggu-tunggu, yakni ngobrol bareng Kak Nuno Orange. FYI, Kak Nuno ini blogger kece yang langganan dapat hadiah live tweet kalau pas ada acara blogger *hihi*. Doi juga penyiar di salah satu radio kondang Semarang juga. Bahkan kemarin sampai ada jumpa fans sama pendengar setia loh *yang ini skip aja*

Duo MC kondang Semarang memulai acara
Ternyata, selain menjadi blogger dan announcer, Kak Nuno juga seorang food enthusiast. Apaan itu food enthusiast? Semacam orang yang punya passion dengan makanan, yang hobi makan, inginnya setiap melihat makanan langsung difoto, diupload ke medsos dan direview.
Menjadi foodist adalah hobi yang dibayar! Siapa mau?!Saya juga mau..! dia juga dituntut untuk menjadi ‘tukang icip-icip’ yang bias saja bekerjasama dengan restoran, dll. Nah, kamu pengen jadi foodist juga seperti tayangan acara di TV yang diminati akhir-akhir ini? Simak dulu tips-nya yuk.

Sharing dari Food enthusiast, Kak Nuno Orange

Pertama, nggak perlu galau urusan perut. Makan ya makan aja!  Karena memang foodist dituntut untuk banyak makan dan mereview.
Kedua, cukup modal yang tidak terlalu mahal, lalu sebarkan infonya ke media sosial (terutama instagram). Lengkapi dengan caption dan review yang menarik untuk dibaca.
Ketiga, kalau ingin makan di restoran, bareng-bareng aja sama teman, supaya bayarnya bias patungan. Pesan makanan juga beragam agar bias icip sana icip sini. Untuk apa? Agar stok foto banyak, jadi modal juga  untuk mereview banyak makanan.
Keempat, belajar hal-hal teknis soal makanan, supaya tidak hanya mengomentari soal rasa. Belajarnya bias sama chef atau tanya-tanya sama yang punya kafe.
Kelima, latihan dasar-dasar fotografi. Yup! Ini penting banget. Yakali yang kita tampilkan di instagram toh foto makanannya. Katanya sih foto makanan yang berhasil itu yang membangkitkan rasa lapar begitu orang melihatnya.
Berbekal smartphone juga bisa, asal dengan kondisi kamera yang mendukung. Lebih baik lagi tentunya dengan kamera pro.



Praktik foto langsung deh,
sayang kamera Hp kurang mendukung di kondisi low light
dok. pribadi
Trus, gimana kalau kita diminta untuk icip-icip tapi kita nggak suka sama makananya? Atau makanannya nggak enak? Nah, ini PR juga lho, karena seorang foodist bukanlah kritikus makanan, dia harus jujur dengan makanan yang dia icip. Kita bias menggunakan kalimat yang sopan dengan dibumbui saran, misalnya.  Sehingga kita jujur tanpa menyinggung si pembuat makanan dan urusan rasa dikembalikan kepada penikmat karena selera setiap orang beda.
Siap jadi food enthusiast? Bisa banget lho belajar bareng atau gabung komunitas pecinta kuliner supaya makin nge-hits.
Inovasi BCA Sakuku
Ini dia yang paling penting, presentasi dari BCA yang diwakili oleh Bapak Amin Laurent, menjelaskan tentang inovasi BCA yaitu BCA Sakuku.

Bapak Amin Laurent Menjelaskan tentang Sakuku
dok. pribadi
Sakuku adalah dompet elektronik yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi smartphone. Bisa digunakan untuk belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya.
Jadi, dompet elektronik ini berupa aplikasi yang bias kita unduh dari Play Store/App Store. Mudah banget lho! Setelah download, cukup registrasi dengan nama, email, dan tanggal lahir. Setelah itu konfirmasi dan akun telah aktif. No HP yang digunakan untuk mendaftar itu berfungsi sebagaimana nomor rekening jika kita menjadi nasabah bank.

Registrasi dengan mudah


Fitur-fitur di Sakuku dan Sakuku Plus

Menariknya, untuk bisa menggunakan layanan Sakuku, kita tidak harus menjadi nasabah BCA. Yang bias kita dapatkan adalah Sakuku dengan limit 1 juta rupiah. Sementara jika kita menginginkan limit yang lebih tinggi, kita bisa upgrade menjadi Sakuku Plus dengan registrasi melalui aplikasinya.
Kalau sudah punya Sakuku di smartphone, nggak perlu galau lagi saat ketinggalan dompet karena Sakuku bias digunakan di lebih dari 200 merchant. Saat ini masih sebagian besar di kota-kota besar yang berada di pulau jawa dan sekitarnya sih, tapi pastinya dalam waktu cepat akan merambah ke kota-kota lain tentunya.

Sebagian dari merchant Sakuku
untuk lebih jelasnya bisa dilihat di Web bca.co.id

Mau makan rame-rame sama teman? Bayarnya patungan? Bisa banget! Ada fitur split-bill yang akan membagi rata setiap rupiah yang digunakan untuk makan.
Setuju kan, kalau dengan Sakuku bikin hangout makin all out?!
Lebih jelasnya, bias dilihat di video ini ya, Temans.

Dan acara ngobrol blogger Semarang malam itu ditutup dengan dessert yang manis penuh kenangan. Makannya pun diiringi banyolan Comica Semarang yang asyik menampilkan  stand up comedy.


Makan ini sambil dengerin standup comedy
dok. pribadi

Comic Semarang in action
dok. pribadi

Habis makan, dapat informasi menarik, kurang afdhol juga kalau belum foto bersama. Yeay! Markifot! Mari kita foto (lagi) kali ini memenuhi stage depan karena 50-an blogger berfoto gembira ria di sana.

Foto bersama Blogger Semarang

Alhamdulillah, bersyukur bias bersilaturrahim dengan teman-teman blogger Semarang dan sekitarnya, juga menikmati acara tak terlupakan. Banyak pelajaran didapat, semoga terus berinovasi dan siap bersinergi menuju masa depan lebih baik.
Semoga bermanfaat,
Salam,


29 comments:

  1. Aku ngikut yang di Jogjaaa... acaranya seru yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bund.. kirain njenengan jadi ikut yang Semarang.. waktu itu ada daftar namanya di Semarang kalo ga salah :)

      Delete
  2. Selalu menarik jika ada kelas belajar fotografi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik Mba, terutama buat yang masih nyubi macam saya ini :D

      Delete
  3. Tempo hari juga ada acara ini di Medan, pas Ramadhan. Seru acaranya, ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruu banget ya Mba, tema-nya apa sama Mba? tentang food enthusiast?

      Delete
  4. Pengalaman yang tak terlupakan ya malam itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mba..

      kapan ya acara seheboh itu lagi? hihi

      Delete
  5. Replies
    1. Iya Mba Vit, seru banget yak! kapan ya acara kek gitu lagi? :)

      Delete
  6. gyaaaaa..aku belum dapat emailnya nih mbak..tulisannya ciamik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. masih antri mba Ningrum.. makasih ya :)

      Delete
  7. aku pernah juga di kota nganjuk ini,.. seru kalau ngobrol sesama blogger, bisa tukar fikiran juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, menurut saya sih memang kita dapat asupan energi buat blogging salah satunya ya dengan kopdar2 itu :D

      Delete
  8. Aishhhh, *sesepuh* penting yak ditulis, wkwkwkk

    Mupeng lagi ya Rin, ngobrol yang bergizi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi. maafkan Mba... :)

      yuk ah kapan lagi kita kopdar ya? semoga mba wati nggak pernah bosan aku nebeng :P

      Delete
  9. kapan yaaa ada acara kayak gitu lagiii.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. senada banget sih, semuanya merindukan acara beginian lagi :D

      semoga makin banyak brand yang aware sama blogger ya Mba :)

      Delete
  10. Replies
    1. Ayook! aku juga mau lagi. Seneng deh Mba, akhirnya aku ketemu sama dirimu, setelah sekian lama cuma baca2 tulisanmu yang ketjeh badaih

      Delete
  11. Asik banget kopdar sambil ngobrolin makanan gini ya Rin, makin seru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ga ada yg nyaingin mba klo urusan makan2 :P

      Delete
  12. Gimana mba, sudah siap jadi food enthusiast? Yuks makan :D

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam