Monday, 5 September 2016

Ingin jadi Blogger? Ini Perlengkapan Penting yang Harus Kamu Punya

­_Ngeblog Itu Simpel, Nggak Perlu Dibikin Pusing_
Assalamu’alaikum, Temans..
Pernah nggak sih, ditanya sama orang seputar aktivitas kita?
Pasti dong ya, bahkan ada yang bikin kesel juga.
“Ngeblog itu buat apa sih, Mba? Mending kerja yang jelas”
Helllaaaaawwww!! Saya juga kerja! Meskipun kalau kerja = menghasilkan uang, nilai saya masih 1 dari 10. Tapi kalo kerja = berkarya, nilai saya ya... nggak jauh beda. Ups.
“Memangnya dari ngeblog bisa menghasilkan uang, Mba?” pertanyaan ini juga sering ditanyakan sama orang, lho..
Bisa benget! Itu jawabannya. Yaiyalah, teman-teman blogger mah sudah hafal soal ini. Meskipun saya masih terbilang blogger pemula, saya juga pernah lho mendapatkan (sedikit) uang dari blog. Nggak percaya?
Tapi, karena tujuan utama saya membuat blog adalah untuk having fun, self healing, dan sharing tentang banyak hal dengan harapan bisa bermanfaat buat orang lain, menghasilkan materi dari blog adalah BONUS BESAR.
Iya, ingin banget sih (ehm. Bukan iri lho) seperti mastah-mastah blogger yang sekali nulis artikel langsung menerima bayaran sampai 7 digit rupiah, atau dibayar dengan dollar misalnya. Tapi, saya yakin mereka juga pernah memulai dari nol. Maka, saya pun harus menikmati setiap prosesnya, tidak terburu-buru dan selalu menjaga semangat.

“Mba, aku pengen ngeblog, caranya gimana?” nah, ini nih yang sering ditanya oleh beberapa teman. mungkin karena saya sering (ehm. Ga sering-sering amat ding) ikut acara komunitas, dipikirnya saya sudah ahli. Mueheheheh. Belum, Teman..! saya masih belajar. Tulisan saya juga masih begini-begini saja, belum banyak progres. Hiks. PR banget nih buat belajar lagi.
Buat beberapa orang sepupu yang (katanya) pengen ngeblog tapi masih ragu, yuk ah segera action. Amunisi yang dibutuhkan simpel, nggak ribet ko, beneran. Apa saja? Yuk kita bahas lebih lanjut.



gadget penting untuk menjadi blogger

GADGET
Gadget ini amunisi wajib yang pertama. Iya, karena base-nya blog adalah di dunia maya jadi kita butuh perangkat utama untuk berselancar di sana.
Komputer, laptop, atau bahkan smartphone semuanya bisa mendukung kegiatan ngeblog kamu. Beneran..! banyak lho blogger kece yang setiap ngeblog mengandalkan smartphone/tab-nya. Malah asyik kan bisa dibawa kemana aja?

INTERNET
Siap berselancar di dunia maya dengan internet
Ini jodohnya gadget kalau buat urusan dunia maya. Ibarat kendaraan, maka internet adalah bahan bakarnya. Nggak mungkin bisa jalan kecuali tangki telah terisi dengan bahan bakar yang cukup. Internet bisa didapat dari membeli paket internet lewat smartphone/modem, berlangganan internet fiber di rumah, atau mencari wifi gratisan asal sabar dengan koneksinya.
Ssst.. HP saya juga wifi only lho, sekarang. Jadi kalau suami tidak ada dirumah (doi sebagai ‘sumber’ internet alias Internet HP-nya di-tethering ke HP saya) terkadang saya kesulitan internet. Alhamdulillah sekarang bisa menikmati wifi. Tapi kalau keluar rumah ya kudu sabar karena nggak ada paket internet. Palingan saya beli paket untuk sehari/seminggu saat ada event blogger.
Nggak punya komputer dan internet?
Dunia belum berakhir, Cyyn...!! toh sekarang warung internet alias warnet masih sangat mudah dijumpai termasuk di kota besar seperti Semarang yang notabene lebih banyak orang menggunakan smartphone.
Kalau seperti di daerah saya di Wonosobo sih memang kudu bersabar sama makhluk bernama jaringan internet. Bahkan kadang harus rela menghabiskan sekian ribu rupiah hanya untuk melihat layar dengan tanda melingkar-lingkar nggak selesai sampai waktu ngenet habis. Namanya juga di daerah gunung, mungkin akses inetnya nyangkut di pepohonan :P
Banyak jalan menuju Roma, bukan? Begitu juga buat ngeblog. Kalau mau nyari wifi gratis tinggal datang ke warung makan/kafe yang punya akses free wifi, modal beli minum dan camilan lalu bebas berselancar di dunia maya. Jangan lupa sambil berdoa semoga internetnya lancar jaya.  

BANK IDE

Notebook paper untuk menuliskan ide

Teman-teman pernah kan ngerasain ada lintasan pikiran yang tiba-tiba datang, ide yang tiba-tiba melintas, yang jika tidak segera kita tuliskan akan mudah sekali lupa dan sulit untuk mengangkatnya ke permukaan lagi.
Nyesel banget loh kalau kejadian seperti ini *sakitnya tuh di sini*.
Nggak mau kan, keterusan begitu? Makanya wajib banget punya Bank Ide. Bisa berupa file di HP atau notes kecil yang praktis dibawa kemana-mana.
Tuliskan saja ide-ide yang muncul di sana, termasuk outline. Jika suatu saat membutuhkannya bisa membuka kembali dan menggali idenya lebih dalam. Bank ide sangat membantu saat harus menulis tapi tidak ada ide yang keluar.

MOODBOOSTER
Apa yang bikin kamu goodmood? Kalau saya KOPI. Ya, salah termasuk pecinta kopi yang sejak kecil dulu ‘diracuni’ aroma kopi yang diseduh oleh simbah. Sejak SMP saya terbiasa minum kopi hitam nasgitel (panas-legi-kentel: Panas-manis-kental). Hm.. aromanya menggugah selera dan menyeruputnya sekali saja sudah membuat hormon bahagia menguar.

Kopi dan Camilan, paduan yang sempurna jadi moodbooster
Kopi, camilan, coklat, eskrim, hm.. itu sebagian dari moodbooster saya. Pokoknya kalau nemu hal-hal itu sudah bikin saya bahagia. Makanan manis semua ya, moga-moga ga bikin gendut dan gula darah terjaga *make a wish*
Kalau mood sudah bagus, ide mengalir lancar, nulis pun nggak ada beban. Setuju?!

Tentu, semua perangkat itu harus didukung dengan waktu khusus yang dialokasikan untuk ngeblog, juga niat dan semangat yang terus dipupuk. Jika tidak begitu, perangkat yang lebih lengkap dan canggih pun tidak akan memberi banyak arti. 

Nah, itu sebagian dari perlengkapan ngeblog yang penting menurut saya. Teman-teman punya tambahan lagi?

12 comments:

  1. Aku modal hape mbak.. Sama niat. Tapi kadang kalah sama hobi tidur...hi..hi ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. saya pun ga jauh beda Mba.. kalo ngelonin sikecil sering ikut tidur :D

      Delete
  2. aku belom punya bank ide mbak... bikin ahhh...

    ReplyDelete
  3. Kata mbak Ollie, harus bangga sama profesi meskipun belum menghasilkan duit banyak... minimal kalau blogger, udah punya blog udah dibaca sama orang postingannya.... maka banggalah sebut diri kita blogger hehe... Semangat mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. sekarang aku ga nulis blogger (wanna be) lagi og Mba, bangga menyebut diriku blogger meskipun masih belajar. semoga istiqomah. aamiin..

      semangaaat!!

      Delete
  4. wah wah ada secangkir kopi rupanya.. kalau disini sih hanya tersedi air putih saja mba. boleh gak tuh jadi bloger hanya dengan air putih :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. kopi itu cuma bagian dari moodbooster, mas. bebas mau pakai apa aja sing penting hepi.. dan halal ding kalau makanan :P

      Delete
  5. untuk saya yang paling utama adalah modalnya meluangkan waktu untuk ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, ini buat para emak (termasuk saya) penting banget. Makasih sharinya Mba ;)

      Delete
  6. tambah kamera mbak, yang full frame :D

    ReplyDelete
  7. Hihihi Aku nih entah kenapa idenya muncul pas lagi nyuci baju atau nyuci piring. Ya udah deh langsung lari ambil notes. Cuma kadang pas mau di tulis feelnya hilang kwkwkwkw

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam