Friday, 15 July 2016

Kamera HP untuk Mengabadikan Setiap Momen


Assalamu’alaikum,
Apa kabar temans? Setelah ramadhan berlalu dan bulan syawal hampir setengahnya kita lewati, apa yang bertambah dari diri kita? Apa?! Bobotnya bertambah?! Ups! Moga-moga meski setelah lebaran badan jadi lebar-an yang lain-lain nggak ikut-ikutan lebar juga, kecuali umur dan rejekinya karena habis silaturrahim. Aamiin...
Oia, selain semua itu, setelah lebaran pasti koleksi foto (ehm! Selfie) makin bertambah kan?! ngaku deh.. kemarin siapa yang bikin foto before-after fasting atau before-after ied? Saya sih nggak, karena sepertinya masih kurus-kurus saja selain perut yang membuncit dan berkali-kali dikira hamil (lagi).  
Temans, pernah kan pasang foto di medsos utamanya instagram dengan tagar #kamerahpgw #kamerahp dan sebagainya? Meskipun bukan anggota komunitas dengan nama yang sama. Mari kita cek seberapa banyak kita bsia menemukan gambar dengan hastag tadi. Wow! Ada 1.368.172 post. Artinya, banyak sekali orang yang menggunakan HP untuk menyalurkan hobi fotografinya, baik itu profesional maupun amatiran.

hastag #kamerahp
Apa saja yang saya lakukan dengan kamera HP?
Ngomongin tentang ini membuat saya teringat perjuangan saya untuk bisa membeli hp butut yang hanya cukup untuk melakukan panggilan dan mengirim/menerima SMS. Tahun 2007, saat saya menjadi mahasiswa semester 4, nekat ’bekerja’ apa saja di tempat kenalan dan sekitar sebulan kemudian bisa mendapatkan uang yang cukup untuk membeli HP. HP kesayangan itu menemani hingga hampir 3 tahun sebelum akhirnya saya membeli lagu HP dual SIM card untuk menghemat pengeluaran pulsa yang makin meningkat. Waktu itu, saya masih peduli setan dengan segala fitur kemera, penting bisa buat SMS dan telepon. Haha.
Saya baru mulai peduli dengan kamera HP setelah berkali-kali gagal membeli kamera digital apalagi DSLR (nangis guling-guling). Terlebih suami punya Hp dengan kamera yang cukup oke untuk kujadikan pelampiasan karena belum juga bisa punya kamera pro.

ilustrasi, credit pixabay

Okelah, saya akui hobi narsis saya makin menggila setelah ada HP yang bisa menangkap gambar dengan lebih jernih dibandingkan HP butut sebelumnya, meskipun masih tidak bisa dibandingkan dengan bergagai brand kamera hp yang ngehits saat ini dengan fiturnya yang lengkap abis.
Yang paling sering menjadi sasaran narsis tentu saja sikecil, sejak lahir di rumah sakit sampai sekarang selalu ada tingkahnya yang terekam kamera dan membuat hp makin lemot kebanyakan data. Hehe.
Foto waktu masih pacaran (setelah menikah) ehm!


Foto Tumbuh kembang si-Kecil

A photo posted by SUNRISELABEL. CLODI. HIJAB. (@arina_chachashop) on


Hasna dan Buku

Foto keluarga


Foto seadanya dengan kamera HP

Foto Jalan-jalan




Foto untuk Jualan Online

Saat HP Andalan Milik Suami Raib
HP andalan saya untuk mengambil gambar adalah Hp suami. Seringkali Hpnya saya sabotase untuk jepret sana-sini. mau tak mau, paling hanya geleng-geleng kepala sambil menyerahkan Hpnya apalagi saat kubilang ‘ sayang hp bagus cuma buat SMS sama telepon’.
Tapi, saat tiba-tiba Hp itu hilang, rasanya seperti punya kotak rahasia tapi kehilangan kunci satu-satunya. Bagaimana lagi? Harus kembali menggunakan Hp lama dengan kamera seadanya.  Dan saat butuh untuk menggunakan foto di blogpost, harus mencari foto gratis atau meminta dari teman blogger lainnya.
HP Impian Saya
Percaya atau tidak, saya punya beberapa list (di kepala) Hp yang menjadi impian saya. Sebagiannya adalah hp dengan kamera yang oke punya. Salah satunya adalah produk keluaran ASUS. Iya, dulu ada teman dan kakak sepupu yang ngomporin beli HP merk itu karena fitur kameranya. Hm.. lapi lagi-lagi sampai saat ini belum bisa beli, wakakaka. Semoga sih, ada rejeki biar dapat Zenfone 2 Laser ZE550KL dan bisa dibawa jalan-jalan dan mengabadikan setiap momen bersama keluarga saat traveling. Aamiin..
Belum punya HP dengan kamera keren? nggak apa-apa lah, numpang foto di kamera teman :P *ngomong sama diri sendiri

Malam minggu dapat kabar dr teman di @gandjelrel kalo paginya ada #akbersmg dan yang ngisi travel blogger keren @arievrahman Langsung antusias dong... sayang suami blm plg dan di hub lwt WA ga balas2. keseeel! 😱 Pas beliau pulang jam 10an malam trus ngobrol2 eh.. ternyata doi bilang 'Yaudah.. sana Bunda besok ikut acara.. Hasna biar ikut Ayah. tapi pulang acara jalan sendiri sampai Baiturrahman ya.." Waaa! ini sih semacam hujan sehari menghapus kemarau panjang *lebay* udah lama butuh me time dan motivasi ngeblog (lagi) saat sedang loyo gini. Jam 11 malam registrasi trus paginya brgkat sama si Ayah kena banjir di Jl. Gajah trus macet juga sepanjang pasar krempyeng akhirnya muter nyari jalan lain.. untung belum terlambat. Dan Alhamdulillah... pede banget di sana bareng para mahasiswa yg masih kinyis2. hihi. Thanks ftonya ya Mak @uniekkas 😍 kapan kita kemana ya? 😜 #latepost #blogger #travelblogger #blogging #momblogger #emakblogger #emakbloggersemarang
A photo posted by Arien Salsabiila (@arinamabruroh) on



Tips Menggunakan Kamera HP dengan Optimal
Saya sih belum pandai mengambil angle dalam setiap foto, tapi dari hasil sharing dengan beberapa teman, ada tips yang (minimal) harus dilakukan agar kamera HP kita bisa menghasilkan foto yang berkualitas.
Pertama, Pilih kamera HP dengan resolusi minimal 5MP. Resolusi ini sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang jernih. Tentu saja, untuk hasil yang lebih baik dibutuhkan resolusi yang lebih besar seperti yang disediakan oleh brand smartphone saat ini.
Kedua, kenali fitur-fitur dalam kamera, dan gunakan sebaik-baiknya.
Ketiga, pelajari teknik dasar fotografi. Teknik-teknik ini bisa dipelajari dengan mengikuti komunitas fotografi maupun belajar otodidak lewat buku dan artikel yang bertebaran di dunia maya.
Keempat,  learning by doing. Prinsip jam terbang yang makin tinggi akan menghasilkan hasil yang lebih berkualitas sangat benar adanya. Semakin banyak belajar dan praktek foto, dengan sendirinya akan faham angle mana yang terbaik, pencahayaan seperti apa yang mendukung, dsb sehingga bisa menghasilkan gambar yang hidup dan ‘bisa berbicara’.
Semoga bermanfaat.

'Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com'.




18 comments:

  1. Kamera ponsel mmng berjasa mengabadikan semua moment ya mbak..
    Klo aku..bnykan moto anak2 ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, dulu saya malu lho klo di foto, setelah punya kamera sendiri jadi narsis, meskipun malu juga kalau dhare di medsos :D

      Delete
  2. Replies
    1. Huum Mba, praktis, tinggal bawa amunisi powerbank/charger :)

      Delete
  3. saya baru tau di medoso ada tagar #kamerahpgw #kamerahp hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. saya juga taunya karena punya teman yang suka foto2 Mba.. :) kalau ada komuniastnya belum lama tahunya

      Delete
  4. gagal fokus sama poto yang "pacaran (setelah menikah)"
    hueheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mueheheee *tutupmuka*

      semoga segera deh bisa pacaran habis nikah ya Mba.. :)

      Delete
  5. Nah..apa jadinya kalo nggak ada kamera hape? tamat riwayat kenarsisan eykeh..wkwkwk
    kamera hape memang praktis buat membekukan peristiwa..*eh apa pula ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener banget... ribet yak kalo ga ada kamera HP :P

      Delete
  6. kamera ponsel mah gue banget mbak, banyak kenangan yang saya abadikan melalui kamera ponsel. terutama kenangan tumbuh kembang baby juna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, tumbuh kembang anak (apalagi anak pertama) itu sesuatu banget yang wajib diabadikan ya :)

      Delete
  7. Praktis emang kamera hp ya say ringan n ga ribet pas ada moment apapun kapanpun dimanapun tinggal jepret aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Kakak! apalagi kalau punya yang spec kameranya keren ya.

      Delete
  8. Aku blm sempat foto di dpn tulisan Wonosobo itu :) padahal libur lebaran kmrn ke sana loh.

    Thks ya sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    ReplyDelete
  9. Semarang aktif ya blogger dan komunitasnya. Banyak kegiatan menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, berkat para founder-nya yang rajin ngomporin. eh, teman-teman juga ding.. :)

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam