Monday, 18 July 2016

Agar Ngeblog Selalu Mengasyikkan


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Temans... selamat malam yes! Semoga Senin hari pertama masuk sekolah tadi menjadi kenangan yang menyenangkan bersama anak-anak tercinta. Tahun ini saya sih belum jadi macan ternak (baca: mama cantik nganter anak), tapi sepanjang pagi tadi mendengar lagu tentang hari pertama masuk sekolah yang entah apa judulnya, sampai hafal liriknya lho.. hehe.
Karena belum punya cerita tentang antar anak di hari pertama sekolah, mau nulis tentang blog aja deh. Yup! Saya memang belum lama mencoba istiqomah ngeblog, sudah beberapa postingan sih tentang awal mulanya saya ngeblog. 
Setidaknya, setelah waktu mencoba concern, ternyata saya menikmati. Salah satunya semangat ngeblog adalah supaya bisa mendapatkan penghasilan, jalan-jalan gratis, apalagi bisa keliling dunia (biarkan saya mimpi dulu ya Teman.. :P) Tapi itu bukan alasan utama, ada alasan yang lebih dari sekedar mendapatkan materi dari aktivitas yang satu ini. Sharing sesuatu dan berharap bisa bermanfaat untuk orang lain, self healing, me time, menyalurkan hobi menulis, dan juga untuk belajar meningkatkan kualitas tulisan.
Apa Kamu Menikmati Aktivitas Itu, Arin?
Kalau ada yang tanya begini, saya jawab dengan lantang : Ya! Meskipun rasa jenuh kadang mampir, itu sesuatu yang niscaya sekali, bukan? Seperti halnya dalam aktivitas kita yang lain sesekali merasa bosan atau tiba-tiba di lain waktu semangatnya memuncak. Intinya sih harus dicari celahnya supaya saat semangat turun tidak sampai nyalanya benar-benar padam. Solusinya, bikin aktivitas itu (baca: ngeblog) menjadi mengasyikkan. Bagaimana caranya? Yuk mari...
Punya Passion Menulis
Yamasa yang nggak suka menulis dipaksa menulis pastinya tersiksa kan?! punya passion menulis ini bukan berarti tulisannya harus selalu menarik, tertata, bahanya keren, wait! Bukan lagi bicara tentang kemampuan menulis yes tapi tentang suka menulis dan tidak. Intinya sih kalau sudah suka menulis, beberapa hari nggak update blog itu ada rasa seperti lagi dikangenin sama Song Joong Ki eh?! Jadi pengen cepet-cepet ngeblog lagi maksudnya..
Apalagi nulis di blog itu nggak ada aturan bakunya mau seperti apa, gaya bagaimana dst. Kecuali saat kita menulis artikel di blog yang diikutkan untuk lomba dan kudu mengikuti S&K nya.
Cari Teman Blogger
Bagaimana cara mencari teman blogger? Nggak usah bingung, karena di dunia maya bertebaran blogger kece yang bisa kita jadikan teman dan tempat belajar. Memang lebih asyik punya teman blogger di dunia nyata sih, jadi tidak hanya bisa berbagi cerita lewat media sosial tapi juga sharing macam-macam dan ngobrol langsung.
Ikut Komunitas Blogger
Komunitas blogger juga bertebaran di dunia maya. Mulai dari komunitas umum yang semua orang asal dia punya blog bisa masuk, sampai yang anggotanya hanya perempuan atau dibatasi umur, juga komunitas-komunitas sesuai dengan niche blognya.
Dengan bergabung dalam suatu komunitas, selain memperluas networking kita juga akan mendapatkan banyak benefit seperti informasi lomba yang sering di-share oleh sesama member, undangan event, ataupun sharing ilmu blogging.
Blog Walking
Jalan-jalan ke blog teman, kadang bikin baper dan minder tapi tak jarang malah mendapatkan banyak ide untuk menulis. Menyenagkan lho, saling mengunjungi dan komentar di blog teman. saya termasuk yang hepi banget kalau banyak komentar mampir di postingan saya. Hihi. Nah, biasanya kalau kita rajin blogwalking, teman-teman kita juga rajin kunbal alias kunjungan balik. Biasanya lho.. :D
Jalan-jalan
Yang ini jalan-jalan beneran. Jadi, kalau dalam masa suntuk saya sering nodong suami untuk jalan-jalan. Ke tempat yang dekat-dekat saja asal bisa refreshing atau saat bisa ke tempat wisata pasti jadi lebih hepi, hehe.
Pengalaman travelingnya juga bisa dijadikan bahan untuk update blog, ya kan? pokoke asyik dah kalau jalan-jalan.
Tresna jalaran saka kulina, begitu kata pepatah Jawa. Sama halnya dengan blogging, semakin lama kita terjun (katanya) semakin menikmati. Sesuatu hal bisa menjadi menyenangkan bagi kita adalah lahir dari diri kita sendiri. Setelah kita menyukai sesuatu, tak ada alasan lagi untuk melakukan dan bahkan menjadi sesuatu yang hilang jika tidak dilakukan.

Salam happy blogging!   

12 comments:

  1. Wow, tipsnya komplit banget nih, Rin. Teman blogger emang penyemangat yang ampuh ya, jadi kena kompor kalo temannya posting blogpost :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Wati.. jadi kangen kaliaaan.. :*

      Delete
  2. Jadi makin asyik ngeblog karena passion kita ada di situ ya mbak Rin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, jadi ga beban, malah jd obat stress :)

      Delete
  3. blogging with passion.. thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  4. Tipsnya TOP banget, Mbk. Kalau lagi mandek emang enaknya BW dan jalan-jalan hahaha...biar dapat stok foto banyak dan ide lancar jaya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Naqi...
      iya.. paling ga kalo belum bisa apdet post kan jadi lumayan dah bisa BW ya hehe

      Delete
  5. Replies
    1. makasih Mba MIlda, semoga bermanfaat :)

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam