Friday, 17 June 2016

Menikmati Wisata Alam Mengagumkan di Ciwidey Bandung

Assalamu’alaikum, Temans..
Setelah berpuasa lalu tiba hari raya idul fitri (hihi, puasa belum ada setengah jalan sudah ngomongin idul fitri aja ya..) biasanya masyarakat Indonesia menggunakan waktu cuti kerjanya untuk bersilaturrahim ke keluarga besar sekaligus berwisata ke berbagai tempat tujuan. Sangat menyenangkan bukan, traveling bersama keluarga dan sejenak melupakan berbagai urusan pekerjaan? Iya, lupakan sejenak tumpukan tugas yang menanti setelah libur usai. Hehe.
Sudah punya rencana kemana liburan nanti? pulang kampung? Setelah itu kemana lagi? Hm... masih bingung ya? Nah, tak ada salahnya teman-teman pergi ke Bandung dan sekitarnya. Ooh yes! Ini bisa jadi pilihan tempat yang tepat buat menghabiskan kesempatan berkumpul bersama keluarga.
Bandung memiliki potensi wisata yang akan selalu seru untuk dikunjungi. Beberapa wilayah di Bandung telah menjadi obyek wisata favorit bagi pengunjung atau wisatawan baik lokal maupun manca negara. Daerah di kawasan Bandung Selatan atau Ciwidey juga memiliki daya pikat yang selalu menarik untuk dikunjungi, terutama wisata alamnya berupa pemandangan hijau dan kawasan perairan berupa danau dan kawah yang masih terjaga kealamiannya.

Situ Patenggang
Situ Patenggang dikenal juga dengan istilah Situ Patengan. Situ adalah istilah yang biasa di pakai suku sunda untuk menyebut sebuah danau. Situ Patenggang memberikan pemandangan indah secara alami di daerah Rancabali. Udara sejuk di Lokasi wisata ini akan membuat kamu merasa nyaman untuk dapat berlama-lama menikmati keindahan alam sembari berkeliling mengitari danau menggunakan perahu. Adapun biaya sewa perahu di Situ Patenggang sekitar Rp150.000 sampai dengan Rp250.000. Harga tersebut bergantung dari kapasitas dan ukuran perahu.
Situ Patenggang yang cukup dikenal sebagai lokasi wisata favorit keluarga ini  mempunyai jarak 47 km dari kota Bandung. Biaya masuk lokasi wisata ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp15.000 per pengunjung. Sedangkan tarif parkir kendaraan sebesar Rp11.000 untuk minibus dan RP22.000 untuk bus besar. Lokasi ini berada di titik yang cukup strategis, beberapa fasilitas dan kelengkapan akomodasi juga tersedia di kawasan ini. Kita dapat memesan hotel dan penginapan sesuai kebutuhan. Berbagi hotel dan penginapan tersebut juga disediakan dengan pilihan menarik sesuai budget, jadi nggak perlu takut dengan dana yang tersedia yes, karena kita bisa memilih.  
Berada di Situ Patenggang merupakan pengalaman berwisata alam yang cukup mengagumkan. Selain pemandangan alam berupa keindahan danau, kita juga akan melihat hamparan luas perkebunan teh yang menghijau dengan di lereng pegunungan yang ada di Bandung Selatan ini. Lokasi wisata Situ patenggang berada di dataran yang cukup tinggi sehingga kita akan menikmati udara yang dingin dan sejuk khas pegunungan. Di lokasi ini juga sering terjadi hujan kabut yang cukup tebal terutama saat pagi atau sore menjelang malam hari. Teman-teman pernah ke Malang, Dieng, dan pegunungan lainnya? kebayang ya akan menikmati suasana seperti itu yang tentunya ada kekhasan tersendiri di sana.
Sumber Gambar: blogspot.com
Kebun Strawberry
Menikmati pemandangan khas pegunungan yang penuh dengan tanaman hijau dan kebun buah sambil mencicipi buah segar hasil perkebunan akan menjadi pengalaman menarik bagi pengunjung. Pengalaman seru ini akan kita dapatkan di lokasi wisata Kebun Strawberry yang berada di Ciwidey, Bandung. Kita dapat mencicipi kesegaran buah yang ada di perkebunan ini dengan cara memetik dan memakan langsung strawberry saat berkeliling kebun. Hm.. segar yummy banget ya, menikmati strawberry langsung dari kebunnya.
Selain mencicipi buah strawberry, kita juga dapat memperoleh informasi mengenai tata cara menanam buah yang berwarna merah ini yang selalu menjadi buah favorit bagi anak-anak dan hampir semua usia. Pengalaman berbeda ini akan menjadi cerita seru anak-anak anda saat berwisata. Menikmati waktu liburan dengan keluarga dengan melakukan wisata alam tentu menjadi hal yang cukup baik untuk memanfaatkan waktu berkualitas bersama keluarga.
Informasi mengenai wisata sangat penting untuk anda ketahui, sehingga anda dapat melakukan perencanaan yang lebih matang agar dapat menggunakan waktu liburan secara efisien dan tepat waktu. Informasi dan tips wisata ke Bandung atau lokasi wisata lainnya beserta dengan hotel yang akan anda singgahi bisa anda peroleh di website atau situs Traveloka (baca: Disclosure)
Kawah Putih Ciwidey
Obyek wisata lain yang terletak di Rancabali adalah Kawah Putih Ciwidey. Keindahan panorama alam di sekitar kawah dan air danau yang yang berwarna unik putih kehijauan akan membuat terlihat sangat jelas di antara pemandangan lahan putih batu kapur di sekeliling danau. Adapun fakta unik dari danau atau kawah ini yaitu warna air danau yang dapat berubah di saat atau musim tertentu yang terjadi secara alami.
Ada juga sebuah tebing batu kapur yang letaknya berada di sebelah utara danau atau kawah. Tebing ini sudah nampak berlumut tetapi masih terlihat warna aslinya yang cukup menarik yaitu warna kelabu khas warna bebatuan alami. Sebagai salah satu obyek wisata yang cukup favorit, lokasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara. Adapun jalur perjalanan yang dilalui juga cukup mudah dan hanya berjarak sekitar 44 km dari kota Bandung.
Selain keindahan alam yang memikat, wisata kawah Ciwidey ini juga menyimpan kisah cerita rakyat yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Ciwidey. Kawah Putih dipercaya sebagai tempat para leluhur berkumpul dan juga makam para leluhur meliputi Eyang Camat, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Jaga Satru, Eyag Jambrong dan leluhur lainnya. Hal ini terbukti dengan ditemukannya beberapa makam-makam tua tadi di danau. Keunikan fenomena tersebut menjadi daya tarik lain yang membuat legenda bumi parahyangan di Kawah Ciwidey ini menjadi menarik untuk dikunjungi. 
Kawah putih ini juga sudah terkenal sekali kan? nge-hits dan instagram-able. Banyak juga pasangan yang asyik berfoto prewed di sana. Mau?!
Sumber Gambar: Tumblr.com
Bumi Perkemahan Ranca Upas
Bumi perkemahan menjadi salah satu pilihan menarik para wisatawan yang gemar melakukan wisata bermalam di alam terbuka. Di lokasi ini juga sering dilakukan kegiatan pramuka mulai dari tingkat sekolah, kota hingga kegiatan tingkat internasional. Lokasi bumi perkemahan Ranca Upas ini memiliki beberapa keunggulan. Selain lokasi lahan yang cukup luas, kawasan bumi perkemahan ini dikelilingi oleh pemandangan alami berupa panorama pegunungan dan hutan di dekat lereng pegunungan dengan beberapa pohon yang menjulang tinggi sehingga suasana menjadi tenang dengan udaranya yang sejuk di sepanjang pagi dan siang sedangkan malam hari udara akan semakin dingin.  
Lokasi ini dapat kita temui di Desa Alam Endah di Kecamatan Ciwidey. Jarak dari kota Bandung sekitar 56 km.  Sedangkan jarak dari daerah Pangalengan hanya sekitar 15 km. Adapun tiket masuk yang dikenakan bagi setiap pengunjung sebesar Rp10.000 ditambah dengan biaya parkir kendaraan jika anda membawa kendaraan pribadi. Tarif parkir sepeda motor sekitar Rp2.000 sedangkan kendaraan roda empat berupa mobil pribadi dikenakan tarif sebesar Rp5.000.
Sebagai lokasi wisata favorit, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas penyewaan peralatan berkemah. Jadi anda tidak perlu repot mempersiapkan dari rumah. Selain itu, Jika anda merasa lapar, maka tersedia beberapa warung makan dengan menu pilihan yang cukup lengkap dengan harga terjangkau.
Sumber Gambar: Rahmaliza.weebly.com
Di sekitar Bumi Perkemahan Ciwidey ini juga terdapat Kolam Pemandian Air Panas Kampung Cai. Kolam Pemandian air panas ini juga berada berdekatan dengan Kawah Putih. Selain menyediakan kolam pemandian air panas, lokasi wisata ini juga merupakan kawasan konservasi Rusa. Jadi kita dapat melakukan kegiatan camping sambil melihat beberapa binatang Rusa yang cukup banyak dan dapat memberi makan pada Rusa-rusa tersebut.
Bagaimana, Temans? Sudah siap ke Bandung saat liburan nanti? mari berkemas dan menyiapkan segala sesuatunya.
Happy fasting and happy (preparing to) traveling!
Salam,

60 comments:

  1. tempat saya KKN dulu tuh mbak,,,keren banget emang tempat2nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow! Asyiknya KKN ditempat yang indah dan sejuk banget kek gitu 👍

      Delete
  2. Aq udh sering baca soal Ciwidey ini tapi koq ya tak kunjung bisa halan2 ke sana. Yuukk berangkat bareng Rin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook Mak! Gimana kalo gandjel rel piknik kesana? *emakkurangpiknik

      Delete
  3. Paass banget aku lagi pengen ke Bandung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiik! Babymoon ya Umm.. Hihi

      Semoga kesampaian ya ke Bandungnya

      Delete
  4. Kawah ciwidey bagus mbak, aku pernah kesana, dekat ciwidey lembang juga bagus2 ada farm house, kampung gajah dan kampung daun, wah jadi pengen cepet2 pulang bandung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaih.. Yg mau mudik.. Asyik ya mba, mudiknya melawan arus.. Moga lancar dan bisa jalan2 :)

      Delete
  5. Aku pernah mau ke sini, tapi kena macet alhasi lsampe lokasi baru jam 5 sore, uda tutup #krai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... Sayang banget ya..
      *ambiltisu

      Delete
  6. Jangan lupa mampir ke saung angklung udjo yah...
    -tri&lei-

    ReplyDelete
  7. Wah dulu ada teman ngajak tapi ga jadi.. spertinya memang harus bgt ni ke sini. Baca tulisan mba Arina jadi pengen lagi...

    ReplyDelete
  8. Panorama alamnya masih asri dan sejuk ya Mba.. Pas banget jalanjalan ke sana kalo mau refreshing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul banget Mba Rita, nyegerin mata dan hati :)

      Delete
  9. Ini destinasi wisata yg kuharap2 banget Mbk. Semoga segera bisa ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semoga segera bisa kesana Mba Susi..:)

      Delete
  10. Kalau Ciwidey, aku jadi ingat Mbak Dey, blogger yg kebetulan dekat rumahnya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyiknya tinggal di tempat indah seperti itu :D

      Delete
  11. Ciwidey mengingatkanku dulu pernah kesana sama keluarga Bude, niatnya mau piknik makan ngebotram. Pas nyampe sana malah ujan dereess alhasil makannya di dalam mobil dan brrrr dingin banget. Baru pas abis ujan keliatan deh pemandangannya walau sedikit tertutup kabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalo ke pegunungan pas musim hujan jd resiko ada kabut ya Mba..

      Delete
  12. Ahh ..tempat wisata itu paporitku, suasananya masih adem banget, tempat represing tatkala bandung penuh sama orang2 luar kota.

    Ayo, kapan2 kopdar di sini, sambil nge-Bandrek hangat yuuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu! Maumau. Udah kebayang serunya kopdar sama blogger Bandung :D

      Delete
  13. sudah pernah ke mari, menyennagkan ya , udaranya segar dan asri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kalo yang sejuk2 gini saya jadi inget kampung halaman :)

      Delete
  14. Saya belum pernah ke kawah putih maupun ranca upas.
    Kepingin suatu hari karena suka ke daerah yang hawanya dingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semoga kesampaian Mba, suatu saat jalan2 kesana

      Delete
  15. Meskipun dekat dengan Bandung..saya malah belum pernah ke Kawah putih lho Mbak.Kebetulan lebaran besok nggak pulang kampung.Jadi mau main-main wisata ke Bandung dan sekitarnya saja.Btw Situ Patenggang juga bagus bangeet ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik! Yg mau pulkam moga rencana jalan-jalannya lancar ya..

      Delete
  16. Saya sering ke bandung tapu anehnya klo ke tenpat wisata biasanya sama temen. Kawah putih udah dua kali sama temen situ patenggang sekali sama temwn. Pengin ah kesana sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok Mba, diagendakan.. Ngajak Umar seru lho.. :)

      Delete
  17. Waah aku belum pernah kesana semua euy. Pengeen.
    Aku juga lagi penasaran sama farmhouse yg ada rumah hobbitnya itu. Hits banget & instagramable yah kayanya.

    Thanks infonya Mbak Arina.

    btw salam kenal :D

    www.imusyrifah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba.. :)

      Iya, di Bandung mah buanyaaak banget destinasi wisata, sampai aku mikirnya klo k Bandung kudu beberapa hari gitu.. nginep dan bisa jalan sepuasnya ke semua tempat. Wkwkwkwk *lalumikirbiayanya

      Delete
  18. Ciwidey salah satu yg favorit klo ke bandunf nih..krn biasanya ga macet dibanding k lembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembang lagi ngehits banget sih ya Mba..

      Delete
  19. Kawah putih ini kalo bawa mobil sekarang mahal yaa biaya masuk nya ihik ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Mobilnya diparkir di hotel aja :P

      Delete
  20. Sudah lama sekali, saya pergi ke daerah Ciwidey. Terakhir sekitar 3 tahun yang lalu ke Kawah Putih. Kalau ke Situ Patenggang terakhir ke sana, belasan tahun yang silam. Udah lama sekali, ya... Sepertinya udah banyak perubahan, deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, biasanya tempat wisata yang ramai tuh sering didandani, tau2 udah berubah aja

      Delete
  21. Asyik..nih ke bandung.., aku pernah ke bandung tapi cuma nginep semalam..gak sempat jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg dl pernah ke Bandung cuma semalam Mba, cuma jalan ke.cibaduyut. Duh.. Sayang banget deh

      Delete
  22. rencana kemarin habis nikahan mau ke bandung, eh malah isi yauda menunda segala jenis halan2 hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Barakallah Mba, moga sehat dedek dan bunda :*

      Ga apa2 Mba, klo udah masuk trimester 2 biasanya sdh aman buat jalan2

      Delete
  23. Wah kawah putih itu, dari dulu penasaran. Tapi kalau bawa bayi ke sana kyknya gk memungkinkan ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bayinya pas sehat, aman2 aja sih Mba..

      Delete
  24. Tempatnya bikin suasana hati jadi tenang ya mbak :D
    duh kapan bisa sampai kesana ini..
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, asyik buat ngadem dan nyari inspirasi.

      Semoga bisa kesana dalam waktu dekat ini.. Aamiin..

      Delete
  25. Aku belum pernah ke kawah putih, udah lama pengen kesana. Udaranya suka banget, Rin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Wati.. kesana bareng2 keknya seru ya.. :)

      Delete
  26. Kpan ya bisa mengunjungi wisata alam di Bandung yang menawan hati ini?Selama ini lihat nya via foto2 internet dan berita☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. asyik banget..

      coba ya, GR ada agenda bersama ke bandung. pasti emakemak pada semangat 45 :D

      Delete
  27. Jadi kapan mau ke Bandung? Tim fabfeb Bandung siap gelar red carpet buat Hasna hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaih! menggiurkan! hehehe.

      InsyaAllah Mamanin... semoga suatu saat bisa kesampaian silaturrahim sama mama-mama di bandung :*

      Delete
  28. Wah ternyata selain aneka kuliner di Bandung juga banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi ya. Smoga kapan-kapan bisa ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bandung memang destinasi wisata yang oke punya :)

      Delete
  29. Dari dulu pengen ke ciwidey ... tp belum rejeki. Jadi tambah kepengen lihat reviewnya ... semoga bisa kesana tahun ini .. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. yaa Rabbal 'alamin... moga tercapai keinginannya ya Mba.. :)

      Delete
  30. Pengen banget suatu waktu menyempatkan diri bermain ke Bandung bukan hanya numpang lewat doang kalau pulkam ke Garut. Sejak lama ngidam kemping di Rancaupas huhu.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam