Thursday, 30 June 2016

Komedo Berkurang Berkat Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Lembutnya Cetaphil dan Teddy Bear = sama :) 
Bismillahirrahmanirrahim,
Jumpa lagi ya Temans, kali ini ingin membahas seputar wajah nih.. penting banget kan ya buat kita kaum perempuan untuk merawat wajah kita. Warna kulit sebenarnya bukan masalah yang paling penting, lebih utamanya adalah kesehatan kulit kita.
menjalani hari-hari puasa, biasanya kulit jadi lebih kering dari biasanya karena asupan cairan berkurang terutama saat siang hari. Jadi penting banget ya kita menjaga kelembaban kulit lewat asupan makanan yang sehat dan juga menjaga kebersihan kulit (terutama wajah).
Oia, sekitar pertengahan puasa waktu itu sempat mencoba pembersih wajah Cetaphil Gentle Skin Cleanser, salah satu produk pembersih wajah dari Canada, yang kalau di Indonesia peredarannya di bawah lisensi Galderma Australia. Gimana pengalaman sama Cetaphil? Skip dulu ya, sebelumnya pengen cerita  gimana dulu saya punya masalah sama kulit wajah.

Wednesday, 29 June 2016

Perjalanan Mudik Sepenuh Cinta

ilustrasi, credit pixabay
Idul fitri, adalah hari yang dinantikan oleh seluruh penduduk Indonesia karena hari itu artinya libur dan cuti nasional selama beberapa hari. Jika di negara timur tengah sana masyarakat merayakan Idul Adha dengan gegap gempita, maka di Indonesia sebaliknya. Moment idul fitri-lah yang paling istimewa. Karena telah menjadi budaya yang mengakar bahwa idul fitri adalah saatnya mengunjungi kampung halaman, berasyik masyuk dengan keluarga besar yang jarang ditemui. Saatnya menjalin silaturrahim dengan sanak saudara setelah berbulan-bulan menjalani hidup di perantauan.
Teman-teman, pernah merasakan idul fitri penuh sensasi? Pasti sering ya, terutama buat para mudik-ers. Saya sendiri merasakan sensasi mudik semenjak menjadi mahasiswa. Memang tidak sedahsyat perjuangan mudik teman-teman yang harus terjaga malam-malam untuk online demi mendapatkan tiket kereta api sejak jauh hari, atau harus berdesakan kereta api saat sistem perkereta apian di indonesia belum sebagus saat ini. Ada juga yang rela mudiknya diundur karena tidak mendapatkan tiket pesawat terbang, atau bahkan harus menahan haru menjalani hari idul fitri di kos yang sepi.

Tuesday, 28 June 2016

Es Kuwut dan Kisah PPT (Para Pencari Takjil)


Suka nonton serial TV special ramdhan PPT (Para Pencari Tuhan)? Saya tidak akan membahas sinetron itu, temans. Tapi ada cerita lain tentang PPT, yaitu Para Pencari Takjil. Entah siapa yang pertama kali mengeluarkan istilah plesetan ini, tapi bagi kami anak kos, menjadi PPT adalah keniscayaan terutama saat kantong kempis menyisakan uang ongkos mudik yang lebih mahal dari biaya transportasi di hari yang lain.
Biasanya, yang jadi PPT sih kaum adam yang tak malu-malu menggilir masjid demi masjid di sekitar kos untuk mendapatkan takjil dan atau makan malam gratis. Anak perempuan, gengsinya lebih besar jadi merasa sungkan untuk datang ke masjid sebelum berbuka, kecuali dalam kondisi sangat terpaksa.

Sunday, 26 June 2016

Cinta Kami Berawal dari Masjid




Menuliskan kisah ini seperti harus membuka kembali layar yang sudah beberapa tahun hanya teronggok di pojokan kamar, menjadi sarang tikus.
Kami bukanlah siapa-siapa, hanya sesama teman kuliah yang (sok) sibuk berorganisasi dan tak banyak saling mengenal. Sampai suatu hari sebuah proposal nikah datang lewat email, bukan dari dia, tapi dari perantara yang entah bagaimana ceritanya membawa proposal itu padaku.

Friday, 24 June 2016

Diah Kusumastuti, Bahagia karena Bersyukur

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum,
Teman-teman, apa sih bahagia itu? kalau ada yang bilang bahagia itu adalah sukses materi, punya mobil mewah dan berderet di garasi, isi rekening selalu gendut, punya villa di berbagai kota yang selalu ‘cring-cring’ menghasilkan pundi-pundi dollar.. atau sederet prestasi dunia lainnya, apakah Teman-teman setuju?
Saya malah kurang setuju dengan pendapat tersebut. Memang materi adalah salah satu sumber yang bisa membuat kita bahagia, tetapi yang jauh lebih penting, bahagia itu ada di hati manusia yang lahir karena rasa syukurnya pada apa yang diberikan oleh Sang pencipta.
Mba Diah dan senyum manisnya

Wednesday, 22 June 2016

Panduan Membuat Parcel Lebaran Kreasi Sendiri


Assalamu’alaikum, Teman...
Tak terasa Ramadhan sudah hampir memasuki 10 hari terakhir, yang artinya kesibukan mudik mulai terlihat dan aktivitas menyiapkan datangnya hari raya idul fitri pun mulai terasa. Semoga kesibukan yang banyak itu tidak membuat aktivitas di tempat ibadah lantas menjadi sepi karena orang-orangnya pindah ke mall, ya.... Sekarang  mah apa-apa bisa dilakukan hanya dengan menjentikkan jari, eh maksudnya scroll-scroll dan klak-klik gadget belanja online, jadi mau beli kebutuhan lebaran tidak perlu menghabiskan banyak waktu pergi ke pusat belanja, cukup duduk manis dirumah sambil menanti waktu berbuka beberapa hari kemudian barang yang dipesan sudah di depan mata. How easy life!
Selain menyiapkan perlengkapan lebaran untuk diri sendiri dan keluarga, biasanya kita juga perlu memberikan parcel untuk orangtua atau kolega kita kan? tradisi memberikan parcel ini menjadi semacam kewajiban tersendiri meskipun tidak ada hitam di atas putihnya.

Monday, 20 June 2016

Tips Mudah Menghafal Al-Qur’an dari Ustadz Rusmanto Al-Hafidz


Dekat dengan orang-orang baik memang sebuah kebahagiaan tersendiri, yang jauh lebih berharga daripada materi. Bagaimana tidak? Ada yang membangunkan untuk shalat tahajud (meskipun lebih sering setelah ada tahajud call malah tidur lagi *tutumukapakaipanci*), ada yang mengingatkan saat harinya puasa Ayaamul bidh, ngasih reminder buat puasa senin kamis, bahkan jadi alarm saat waktu kajian pekanan/bulanan tiba.
Seperti beberapa hari yang lalu saat ada acara Yaum Ma’al Qur’an (YMQ) alisan sehari bersama Al-Qur’an, jauh-jauh hari sudah diinfokan untuk ikut dan diingatkan kapan dan dimana acaranya berlangsung. Senang sekali dong, bulan Ramadhan ada acara bermanfaat seperti itu. selain bisa berinteraksi dengan Al-Qur’an selama sehari penuh, juga jadi sarana silaturrahim dengan teman-teman yang tidak pasti bisa bertemu sebulan sekali.

Friday, 17 June 2016

Menikmati Wisata Alam Mengagumkan di Ciwidey Bandung

Assalamu’alaikum, Temans..
Setelah berpuasa lalu tiba hari raya idul fitri (hihi, puasa belum ada setengah jalan sudah ngomongin idul fitri aja ya..) biasanya masyarakat Indonesia menggunakan waktu cuti kerjanya untuk bersilaturrahim ke keluarga besar sekaligus berwisata ke berbagai tempat tujuan. Sangat menyenangkan bukan, traveling bersama keluarga dan sejenak melupakan berbagai urusan pekerjaan? Iya, lupakan sejenak tumpukan tugas yang menanti setelah libur usai. Hehe.
Sudah punya rencana kemana liburan nanti? pulang kampung? Setelah itu kemana lagi? Hm... masih bingung ya? Nah, tak ada salahnya teman-teman pergi ke Bandung dan sekitarnya. Ooh yes! Ini bisa jadi pilihan tempat yang tepat buat menghabiskan kesempatan berkumpul bersama keluarga.
Bandung memiliki potensi wisata yang akan selalu seru untuk dikunjungi. Beberapa wilayah di Bandung telah menjadi obyek wisata favorit bagi pengunjung atau wisatawan baik lokal maupun manca negara. Daerah di kawasan Bandung Selatan atau Ciwidey juga memiliki daya pikat yang selalu menarik untuk dikunjungi, terutama wisata alamnya berupa pemandangan hijau dan kawasan perairan berupa danau dan kawah yang masih terjaga kealamiannya.

Wednesday, 15 June 2016

Nama Pena dan Sebait Do’a


Assalamu’alaikum, Apa kabar Temans?
Apalah arti sebuah nama, kata si penyair Shakespeare. Tapi bagi umat islam, Rasulullah mengajarkan untuk memberikan nama yang baik kepada anak, karena nama adalah do'a. Memberikan nama yang baik ini juga kewajiban orangtua lho, yang artinya hak anak untuk punya nama yang bagus. Means bagus artinya, bukan hanya bagus didengar.
Setiap orangtua pun punya kisah tersendiri dalam pemberian nama anak. Ada yang memadukan kedua nama mereka, nama idola, nama tokoh, mengambil dari kitab suci, bahkan ada yang mengambil nama perusahaan tempatnya bekerja. Kisah haru birunya pemberian ini bisa lho dibaca di buku 'Inspirasi Untaian Nama Bayi' yang digarap sama emak-emak di komunitas IIDN Semarang. (Ayo, buru-buru ke Gramedia). 

Friday, 10 June 2016

LIZA FATHIA, Dokter dan Blogger Inspiratif dari Aceh


Assalamu’alaikum,
Apa kabar teman? semoga puasanya makin lancar ya, sudah masuk hari ke sekian insya Allah tubuh sudah bisa menyesuaikan dengan ritme yang berbeda dengan rutinitas sebelumnya. Kalau masih ada yang merasa lemas bisa jadi karena kurang tepat dengan asupan selama sahur dan buka. Jangan lupa jaga kondisi, ya Teman. sayang banget kalau banyak pekerjaan jadi terbengkalai dan kita nggak puasa karena sakit. Boleh sih berbuka, tapi mengganti puasanya itu lho... lebih berat dibanding berpuasa di bulan ramadhan, ya kan?!
Umm... nggak bisa puasa karena punya sakit maag? Waduuh.. harus nyari info sebanyak-banyaknya seputar hal ini nih, tanya dokter yang lebih tepat ya, atau tenaga medis lain yang paham. Sibuk jadi nggak sempat konsultasi ke dokter? Alamaaak! Eits! Tapi nggak perlu bingung lagi deh, soalnya saya punya teman dokter yang kece punya yang bisa membantu kamu mengatasi masalah itu.

Sunday, 5 June 2016

Berlomba - lomba dalam Kebaikan dan Ibadah di Bulan Ramadhan


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Teman-teman...
Tinggal menghitung detik, bulan mulia yang kita nantikan akan tiba. Ramadhan yang suci sudah ada di hadapan, kita sambut dengan gegap gempita kebahagiaan.
Marhaban Yaa Ramadhan... saya pribadi dan keluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah di bulan puasa Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah memudahkan kita untuk mengoptimalkan setiap waktu beribadah di hari dan malamnya, aamiin...
Sebenarnya terlambat sekali menuliskan tentang hal ini, tapi semoga saja bermanfaat yes!
Puasa, adalah ibadah yang setiap tahun datang dan selalu dinantikan oleh umat muslim se dunia. Pasti senang dong ya, karena di bulan ini Allah memberi diskon pahal besar-besaran bahkan nggak perlu pakai antri dan berdesa-desakan seperti di mall. Hehe. Tak lama setelah ramadhan akan  datang musim haji dimana ada hari raya ‘Idul Adha di dalamnya.
Menurut kisah-kisah terdahulu, para sahabat nabi akan menyiapkan dan dalam hati membuncah rindu menjemput ramadhan bahkan saat ramadhan baru saja berlalu, paling tidak selama 6 bulan sebelumnya sudah menyiapkan diri untuk ibadah mulia di bulan suci. Hiks! Jadi malu, kalau saya mah ramadhan berlalu malah senangnya bukan main karena itu artinya jadwal mudik dan berkumpul bersama keluarga besar. Sebenarnya boleh juga sih ya merasa senang karena kalau di Indonesia ada tradisi silaturrahim di bulan syawal. Yang kurang tepat jika senang jika ramadhan berlalu karena memang tidak suka dengan kehadirannya.  
Sebelum ramadhan, setidaknya ada beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain: (nah, ini yang kubilang terlambat karena yang ditunggu sudah hampir tiba. Semoga jika tidak berguna sekarang bisa bermanfaat di kemudian hari. Aamiin..)

Friday, 3 June 2016

Jangan Sepelekan Gigi Berlubang (Pengalaman Periksa Gigi di Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang)

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Temans.
Sebentar lagi memasuki bulan ramadhan, maafkan segala kesalahan saya ya! Semoga kita bisa menjalankan ibadah di bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya. Aamiin..
Salah satu hal yang menjadi masalah saat puasa adalah bau mulut. Penyebab bau mulut bisa karena banyak faktor yang bermasalah di sekitar rongga mulut hingga tenggorokan. Gigi berlubang, sisa makanan di lidah, sisa makanan di gigi, dll. Problem yang paling umum biasanya masalah gigi berlubang.
Inilah yang saya alami sejak beberapa waktu yang lalu, saya tidak ingat kapan tepatnya tapi masih ingat suatu hari saat makan jambu biji tiba-tiba terasa nyeri di gigi geraham kiri bawah bagian tengah. Setelah kulihat ternyata ada sebutir biji jambu nyangkut di sana. Hff... gigi berlubang nih... batinku waktu itu mulai khawatir. Selanjutnya, tidak langsung kuperiksakan karena masih bisa kugunakan untuk makan dengan normal. Sesekali memang ada sisa makanan yang tertinggal di sana tetapi dengan mudah bisa dicungkil menggunakan tusuk gigi.
Saya jarang sikat gigi?