Tuesday, 10 May 2016

Baju Rapi Tanpa Setrika?! Bisa!


Assalamu’alaikum, Apa kabar Temans setelah long weekend saatnya kembali ke dunia nyata dan rutinitas seperti biasanya. Saya masih di kampung dan ngumpul-ngumpul bersama keluarga. Seneng sih, tapi juga sedih karena lagi Toilet Training si-Kecil tapi jadi pakai diaper lagi karena kehabisan celana dan training pants kering. Hiks. Padahal juga sudah dibela-belain beli TP waktu mau pulang kampung tapi di Wonosobo yang super dingin itu, jemur TP tiga hari baru kering. *nangiskejergulingguling* maklum ye, si-Emak di kampung belum punya mesin cuci dan anak-anaknya belum bisa beliin. Moga-moga dapat rejeki nomplok atau dapat hadiah, kuis, undian, atau apalah yang wujudnya mesin cuci jadi bisa kuhibahkan buat ibuku tersayang. Aamiin.. *bantu amin-kan ya Temans* J
Ngomong – ngomong soal cuci-mencuci, pernah ngerasain males pake buanget ngeliat tumpukan baju kering yang belum disetrika?! Sama dong kita. *hahaha

Ngaku deh dulu pas ngekos sukanya numpukin baju di keranjang trus nyetrikanya pagi-pagi sebelum berangkat ngampus. Hihihi. Nah, selain bikin kamar berantakan ga karuan, model gini bisa bikin tagihan listrik naik karena pas nyolokin setrika pertama kali itulah nyedot daya paling tinggi. Jadi, kalo nyetrika mending sekalian banyak gitu deh..
Rempong banget ya ngebayangin musti nyetrika pakaian buat sepekan yang menggunung  mulai dari pakaian suami, anak-anak, dan pakaian diri sendiri. Belum lagi kalo kerjaan rumah pas banyak, ga ada yang bantuin, anak-anak lagi butuh banyak perhatian. Waaa..!! Pingsan aja deh. Yuk ah kita ke laundry buat nyetrikain atau cuci-setrika sekalian. Hihi. Yang ada ntar anggaran bengkak di setrikaan lho..
Trus gimana dong solusinya biar anggaran tetep flat tapi baju selalu rapi?! Jawabannya simple: setrika seperlunya saja dan  coba tips n trik berikut
1. Memilih Bahan Pakaian yang Tidak Mudah Kusut
Semuanya berawal dari sini ya.. Kalau nggak mau ribet nyetrika, pilihlah bahan pakaian yang tidak mudah kusut. Misalnya untuk baju resmi dari bahan sifon print, sifon fine, wolvis, Katun jepang, satin, wool, silk, dll. Untuk busana kasual dari bahan jeans, denim, jersey, katun kombed akan terasa nyaman dan sangat mudah perawatannya.
Mengingat banyak sekali varian kain dan tingkat kekusutannya pun berbeda, kita bisa melihat dari bekas lipatan saat membeli di toko. Lipatan yang terus membekas artinya kain tersebut mudah kusut dan kadang sulit licin saat disetrika seperti jenis kain katun. Ini secara umum ya Temans, kadang ada juga yang membekas tapi sangat mudah disetrika. Lebih amannya bisa tanya kepada penjual kain, mana bahan-bahan yang mudah di setrika dan mana yang tidak.
2. Tips Mencuci yang Baik
-Lebih baik cuci dengan tangan
-Jika memungkinkan, tidak perlu di spin agar tidak kusut
-Kibas-kibaskan saat penjemuran agar mengurangi bagian yang kusut
-Angkat jemuran setelah kering, jangan menunggu udara dingin sore hari
-Lipat segera begitu baju diangkat dari jemuran. Baju yang tidak mudah kusut akan tetap rapi dan licin jika langsung dilipat dalam kondisi masih hangat baru diangkat dari jemuran.
-Jika memiliki lemari untuk menggantung baju, juga akan lebih praktis karena terkadang baju setelah dilipat akan menyisakan lipatan dan kerutan yang membuatnya terlihat seperti baju tidak disetrika.
3. Setrika Baju Seperlunya
Teman-teman masih nyetrika semua baju yang baru dicuci termasuk pakaian dalam? Dulu aku sih termasuk yang perfeksionis kalau menyangkut pakaian. Baju sudah disetrika tapi ada bekas lipatan pasti akan mendarat di papan setrika lagi. Pakaian untuk di rumah pun cukup sering diterika meskipun tidak setiap saat.
Setelah menikah lalu punya bayi akhirnya menurunkan standar berbagai macam hal yang dulu menjadi seperti sebuah kewajiban termasuk menyetrika pakaian. Sekarang, yang kusetrika hanya pakaian kerja suami, pakaian untuk bepergian suami, aku, dan anak. Selebihnya, mengusahakan untuk melipatnya begitu diangkat dari jemuran. Jika tidak sempat? Ya cukup meringis dan bersyukur masih bisa pakai baju dan ada baju bersih, daripada stress. Hehe.
Semoga bermanfaat, Temans.

19 comments:

  1. Di rumah kami setiap dr jemuran, baju langsung dilipat. Terus yg disetrika jg tidak semua. Baju buat kerja saja yg disetrika. :)

    ReplyDelete
  2. kalo baju untuk dipakai dirumah biasanya nggak saya setrikan Mba Arina :)
    dan saya memang langsung melipat baju setelah diangkat dari jemuran :)

    ReplyDelete
  3. Sama seperti mba Ira, baju di rumah tidak perlu diseterika. Hemat tenaga.

    ReplyDelete
  4. sebagai anak kok jareng banget nyetrika baju :D, kecuali kalo kemeja dan batik yg memang mesti di setrika dulu biar rapih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi. yang penting rapi ya? ga perlu disetrika ;)

      Delete
  5. Hahaha .. aku juga gitu mbak ... turun standar nih setelah punya 2 anak. Waktu masih 1, masih bisa lah ya menetapkan standar tertentu, mencoba jadi efisien dsbnya. Tp pas 2 huahahahah ... ga sanggup hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIhi. aku baru 1 sudah banyak turun standarnya nih.. :D

      Delete
  6. Entah sugesti atau gimana, saya kalau pakai pakaian yang belum disetrika berasa kurang nyaman. Bahkan, terasa kaku dan agak gatal. Apa mungkin karena jemurannya di bawah pohon di pinggir sawah, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, tapi memang kalau sudah disetrika kan kuman yang ada jadi mati ya Pak

      Delete
  7. entah kenapa saya jarang menyetrika baju. kecuali sudah mau keluar dan baju terlihat kusut baru q setrika mbk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. samaaaa ih. makanya aku pilih baju yang ga mudah kusut Mba, jadi nggak ketahuan kalau nggak disetrika :D

      Delete
  8. Nomor 2 itu aku banget waktu di kosan. Kalau nyuci hati-hati supaya nggak kusut. Bukan masalah listrik, emang dasarnya males. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, pasti mahasiswa banyak acara alias aktivis nih, Fifah (y)

      Delete
  9. lagi nyari jenis bahan yg bisa cuci kering pakai tanpa setrika ketemu blog ini. Standar saya juga sudah menurun jauh, makanya ini lebih baik nyari kain yg ga perlu setrika, mayan ngurangi beban hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal.. semoga bermanfaat ya :)

      Iya Mba, standar turun yang penting hepi.. :D

      Delete
  10. waw ini nih, mantap banget buat saya

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam