Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Edit Video untuk Hasil yang Maksimal

credit pexels.com 
Asslamu’alaikum, Teman-teman.
Bagaimana trik teman-teman agar pembaca blog tidak bosan dengan blogpost kita? Selain konten yang menarik, pembaca pastinya sangat senang dimanjakan dengan foto dan video yang oke kan?. Yup! Inilah yang masih menjadi perbincangan di kalangan blogger yaitu terkait infografis untuk mempercantik tampilan blogpost dan menampilkan data-data yang diperlukan.
Bagi yang sudah pandai bermain dengan desain grafis atau minimal edit-edit foto, hal ini tidak menjadi soal. Tapi bagi emak-emak seperti saya yang bahkan sudah lupa bagaimana menggunakan photoshop basic adalah sebuah PR berat. Tapi namanya belajar tak mengenal usia dan profesi, maka kami (eh, saya) pun harus belajar seputar infografis. Apalagi banyak lomba yang menjadikan infografis sebagai salah satu penilaian yang menentukan. Hm, tidak muluk-muluk sih, yang penting bisa membuat tampilan blogpost lebih menarik dulu.

Saat  ini hampir semua orang mempunyai jiwa yang kreatif karena dibantu dengan segala macam fitur yang memudahkan kita untuk melakukan banyak hal. Salah satunya yang berkaitan dengan video editing. Dulu  mungkin mengedit video adalah hal yang sulit, namun karena pada saat ini telah tersedia beragam fitur maka Kita dapat mengedit video dengan mudah. Namun tentu saja hal ini akan dapat kita lakukan apabila kita telah mempunyai beberapa hal yang mendukung. Sehingga akan lebih jika kita mengetahui apa saja cara edit video (sponsored post: dislosure) sebelum kita memutuskan untuk mengedit salah satu video Kita. Dengan mengetahui tips ini maka kita akan tahu apa saja yang harus dilakukan atau harus dipenuhi pada saat mengedit video agar menghasilkan editan yang bagus dan memuaskan.   
Sebelum masuk ke tips yang harus Kita lakukan untuk mengedit video dengan benar maka kita harus tahu apa saja yang Kita harus penuhi. Beberapa hal tersebut adalah:
Pertama Kita harus memastikan bahwa video yang akan kita edit harus mempunyai ukuran yang besar.
Kedua, pastikan bahwa kita mempunyai fitur atau aplikasi yang bagus dan cocok untuk mengedit video tersebut.
Hasil editan video akan bagus apabila video yang kita edit juga mempunyai ukuran atau resolusi yang besar sehingga video tidak akan blur pada saat Kita edit. Akan lebih baik lagi jika video tersebut mempunyai bentuk HD sehingga hasil lebih jernih. Dan cara edit video yang harus kita pastikan adalah kita harus mempunyai aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengedit video tersebut.
Karena tentu saja tanpa aplikasi yang bagus dan cocok maka kita tidak akan dapat mengedit video tersebut. Kita dapat mengunduh aplikasi ini di internet secara gratis jika mau. Dan beberapa tips lain yang harus dilakukan adalah:
·         Pastikan kita mempunyai kemampuan untuk mengedit video tersebut
·         Usahakan kita mengedit video dengan komputer
Pertama Kita harus memastikan bahwa kita mempunyai kemampuan untuk menjalankan aplikasi edit video tersebut. Karena tetap saja walaupun kita mempunyai aplikasi yang bagus namun apabila tidak dapat menjalankannya maka kita tentu tidak akan bisa mengedit video tersebut. Dan cara edit video (sponsored postdislosureyang juga penting adalah sebaiknya mengedit video pada dengan menggunakan komputer agar lebih leluasa dan layar lebih lebar.
Untuk aplikasinya, Teman-teman bisa googling langsung, untuk mendapatkan aplikasi edit video atau video maker. Untuk memilihnya, pastikan aplikasi tersebut compatible dengan komputer kita. dan sebaiknya mencari rekomendasi dari teman yang lain. Perlu diperhatikan juga apakah space komputer kita masih banyak atau tinggal sedikit. Jika banyak yang sudah terpakai, lebih baik memilih aplikasi portable yang bisa kita simpan di memori eksternal. Salah memilih bisa berakibat berkurangnya performa komputer kita.

Semoga bermanfaat, salam. 


26 komentar untuk "Tips Edit Video untuk Hasil yang Maksimal"

  1. Waaah, ini yang dari kemarin aku pengen nyoba. Kalo bikin video aku suka bingung gimana cara ngeditnya. Makasih Rin, sangat bermanfaat nih.

    BalasHapus
  2. Wah makasih tips nya mba arina, aku gaptek bgt nih soal editing video hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih tipsnya berarti gak bisa dari hp apalagi kalau quota internetnya dikit hee

      Hapus
    2. Makasih tipsnya berarti gak bisa dari hp apalagi kalau quota internetnya dikit hee

      Hapus
    3. Sama-sama Mba Ruli.. :)

      Betul Mba Vita, harus pakai komputer

      Hapus
  3. ada kok Mbak aplikasi yang pake HP tapi ya itu, ada watermarknya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. dan bikin keriting jempol ya kalo di HP, mata juga jadi sepet :P

      Hapus
  4. biasanya aku pakai picmonkey mbak

    BalasHapus
  5. wah, ini harus kubaca bebaik , ma kasih ya infohnya

    BalasHapus
  6. Aku termasuk yg malas ngedit. Makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama Mba.. jadinya sy mau belajar nih :)

      Hapus
  7. Terimakasih tipsnya Mba Arina, nanti ta' coba praktekin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama MBa Ira.. yuk, praktekin bareng-bareng :)

      Hapus
  8. kualitas HD kalau ditujukan utk segmen pembaca indonesia, bukan faktor utama. yg penting jelas terlihat secara mobile view, rasanya uda cukup. krn jd percuma kalau kita suguhkan konten HD, tapi viewernya ga kuat buffernya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow! thanks tambahannya..
      betul juga ya, karena jaringan sering buffer :D harus pake jaringan 4G kali ya? padahal belum menjangkau seluruh wil di Indonesia.

      Hm.. yang saya masih bingung juga gimana caranya ngecilin size video yang ber mega-megabyte itu meskipun ambil video pakai Hp lalu edit lwt komputer. size nya tetap besar, bikin lama aplod nya -_-

      Hapus
  9. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus