Friday, 8 April 2016

Liza P Arjanto, Penulis Produktif yang Rajin Blogging

Liza P Arjanto. Mungkin banyak diantara Teman-teman yang akrab dengan nama tersebut? Ya, itu adalah nama pena dari Liza Permasih. Saya pun sudah sering mendengar namanya dan mungkin pernah membaca karyanya si media cetak tapi belum ngeh kalau itu adalah Mba Liza, sapaan akrabnya.
Mengenal beliau di komunitas Blogger Perempuan adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Jujur, saya sangat senang berkenalan dengan banyak penulis dan blogger karena artinya semakin banyak orang yang bisa menjadi inspirasi sekaligus menjadi tempat mencari ilmu.
Saat pertama kali blog walking ke blog beliau yang bertajuk MomaLiza, langsung terkagum dengan sosok ibu yang satu ini. Anaknya ada 6 orang lho, yang paling besar sudah kuliah dan yang paling kecil masih balita. Entahlah, meskipun di sekeliling saya juga banyak teman/kenalan yang mempunyai anak 5 ke atas tetapi selalu ada kekaguman tersendiri dengan orang yang diberi amanah banyak anak oleh Allah.
Mba Liza bersama salah seorang putrinya
Bekerjasama dengan Anak
Ia adalah seorang penulis produktif yang sengaja nyemplung di dunia blogger karena melihat adanya pergerakan dunia menulis yang makin cepat di dunia maya. Bagaimana membagi waktunya antara kewajiban mendidik anak dan rumah tangga, menulis, dan blogging? begitulah kepo saya muncul waktu mendengar beliau punya 6 anak.
“Yang repot itu waktu punya anak 1 - 3. Apalagi anak  ketiga sakit-an terus sampai usia 3 tahun. Ya ketika itu saya total jadi IRT sampai anak keempat lahir.  Mulai menulis justru saat hamil anak kelima dan saya sedang asyik bisnis di luar rumah.  Jarak anak keempat dan kelima cukup jauh , 6th. Setelah itu hamil anak keenam saya stop bisnis dan kembali ke rumah untuk total menulis. Sejak anak-anak kecil saya memberi mereka tugas rumah. Jadi kami bekerja sama,” ujar Ibu yang pernah menjalankan bisnis minuman dingin di salah satu mall di Bekasi ini.
Apa bentuk kerjasamanya? Karena beberapa anak sudah besar pastinya sudah bisa diajak berunding dan membagi pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, menjaga adiknya yang lebih kecil, mencuci piring, belanja keperluan kecil ke warung, dan pekerjaan rumah tangga lainnya.
Saat ini praktis dua balita yang masih sangat membutuhkan perhatiannya. Anak pertamanya sudah kuliah dan anak ke dua kelas 2 SMA dan adik-adiknya pun masih menjadi pelajar SMP dan SD. Agar bisa menulis meskipun dalam kerepotan mendidik khususnya dua balita, beliau punya cara khusus men-treatmen duo balita itu.
“Selama saya nulis, saya biarkan mereka bermain apa saja asal di dalam rumah. Rumah kayak kapal pecah. Jadi jarang keluar rumah tapi ada masanya mereka ingin bermain di luar rumah. Nah, saat mereka ingin keluar berarti nulisnya yang harus ngalah. Yang pasti sih saya rutin ngajak mereka muter-muter naik motor sambil ngobrol dan nyanyi. Trus membacakan buku cerita sebelum tidur. Biasanya siang.”
Perlu juga nih tips-nya diterapkan untuk Hasna yang lebih sering tertarik dengan komputer saat bundanya asyik mengetik meskipun telah disodori berbagai macam mainan dan didampingi eyang uti-nya.
Tentang Blog Momaliza
Inspiratif. Itu kesan saya saat pertama kali membuka blog-nya. “Kumpulan Kisah Inspiratif, Pengasuhan, dan Karya Media” adalah tagline Momaliza. Nama Momaliza sendiri pun awalnya saya pikir adalah karena begitu panggilan anak-anak terhadap bundanya. Ternyata ‘Momaliza’ adalah semacam parodi dari ‘Monalisa’. Hihi. Unik juga ya pemikirannya ibu satu ini. Kisah inspirasinya adalah kisah sehari-hari dalam kehidupan Mba Liza mulai dari kisah bersama anak-anak sampai kisah bersama orang-orang di sekitarnya.
Tentang tampilan blog-nya, saya merasa sedikit terganggu dengan gambar header yang lebar. Maaf ya Mba Liza, ini menurut pandangan saya saja karena bisa jadi teman yang lain punya pandangan berbeda. Header dibuat lebih kecil memuat judul dan tagline dan gambar jika perlu, agar pembaca tidak kesulitan membuka blog. Biasanya, foto yang ukurannya besar akan membuat browser terlalu lama bekerja bukan? Begitu sepemahaman saya.
Header Blog Momaliza
Untuk tampilan yang lain seperti background warna putih sudah oke, karena tidak membuat mata cepat lelah. Tapi untuk gadget ‘Popular Post’ saya lebih suka jika ditempatkan di sebelah kanan. Hm.. maafkan saya yang jadi terkesan menggurui. Hihi. Padahal saya juga belum banyak paham ilmu tentang blog.
Membersamai buah hati dan menuliskan cerita tentang mereka merupakan hal yang membahagiakan. Kebahagiaan yang sama, ketika saya menuliskan berbagai kisah inspiratif, baik fiksi maupun non fiksi dan membaginya pada pembaca. Kalimat inilah yang tertulis dalam profil Google plus Mba Liza dan sangat kusukai.
Oia, berikut karya Mba Liza P Arjanto yang telah diterbitkan. Beliau juga masih rajin menulis untuk media massa lho. Keren banget kan, Teman-teman?

Karya yang pernah diterbitkan :
Buku Parenting :
  1. Happy Mom, Elex Media, 2010
  2. Ketika Buah Hati Bertanya, Gramedia Pustaka Utama, 2011
  3. Nyebur Ke Dunia Anak, Kaba Media Internusa, 2015

Buku Inspratif :
  1.  Jangan Lukai Ibumu, Kultum Media, 2010
  2.  Indahnya Tobat, Gramedia Pustaka Utama, 2013
  3.  Keajaiban Syukur, Gramedia Pustaka Utama, 2013
  4.  Berpikir Positif, Gramedia Pustaka Utama, 2014
Karya lain :
  1. Cerpen-cerpen yang dimuat di : Majalah Femina, Gadis, Tabloid Nova, Harian Kompas, Suara Merdeka.
  2. Kisah inspiratif : Gado-Gado di Majalah Femina.


Jika Teman-teman ingin menghubungi beliau, bisa ke kontak di bawah ini:
Akun Facebook : Liza P Arjanto
Email : liza.arjanto@gmail.com
Twitter :@LizaArjanto
Terimakasih Mba Liza, semoga terus semangat berbagi inspirasi.
Salam,  

21 comments:

  1. Trims mbak Aruna.... ulasannnya keren...

    ReplyDelete
  2. Trims mbak Aruna.... ulasannnya keren...

    ReplyDelete
  3. Waah yg besar sudah kuliah toh...
    Awet muda berarti ya mba Liza ini.

    ReplyDelete
  4. pengen deh suatu saat kopdaran sama mb Liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba, pengen banget kopdar sama semua blogger dan penulis keren

      Delete
  5. Waah, mba Liza udah punya anak yang udah jadi mahasiswa. Kayak masih muda gini :)

    Oh iya aku punya buku yg terbitan qultum, dapat dari hadiah lomba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba :)

      mau dong Mba, pinjam.. hehe *malahnodong*

      Delete
  6. Wah mbak liza produktif banget ya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Vita... wonder woman banget beliau :)

      Delete
  7. Hebat ya mbak Liza ini, bisa membagi waktu antara urusan rumah tangga, nulis dan mendidik 6 orang anak! Dan sukses semua. Wow!

    Sangat menginspirasi ya mbak Arina :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, saya juga sangat terinspirasi sama beliau ini

      Delete
  8. Aku pengennnn bisa nulis apik spt Mbak Liza.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba.. kalau nulis tuh dalem banget.. ^^

      Delete
  9. Ulasan yang sangat bagus...terima kasih sudah berbagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mba, semoga beermanfaat dan menginspirasi ^^

      Delete
  10. Inspiratif banget mb Liza ini..punya anak banyak tapi tetep bisa menghasilkan karya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ika.. bikin aku envy deh! jadi makin semangat belajar kalo ketemu orang2 kek beliau ini

      Delete
  11. ahh, emang sosok yang menginspirasi banget, keren abis niy Mba Liza.
    saluut..luar biasa disamping mengasuh ke enam buah hatinya, masih aja produktif!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba,
      jadi malu nih, punya batita baru satu aja udah banyak yg keteteran *tutupmuka

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam