Wednesday, 23 March 2016

Kandungan dan Manfaat Kurma

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum,
Ayah Bunda ada yang suka mengonsumsi buah Kurma? Toss! Dulu ah, kita samaan. Hihi.
Bagi umat islam, mengonsumsi makanan ini adalah sunnah. Rasulullah mengajarkan ummatnya untuk memakan buah kurma terutama saat berbuka puasa. Beliau pun rutin mengonsumsi buah kurma dan air putih di pagi hari.
Di Indonesia, kurma identik dengan bulan Ramadhan, saat orang-orang berpuasa dan memburu pahala dengan berbuka beberapa butir kurma. Sebenarnya, kurma tidak hanya bagus dinikmati saat puasa saja lho, setiap hari mengonsumsi kurma akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Berdasarkan salah satu studi yang diterbitkan International Journal Food Science Nutrition 2003 lalu, terdapat setidaknya 15 mineral dalam kurma. Yang paling menonjol adalah potasium (kalium) dan magnesium. Sedangkan beberapa mineral lain yang terdapat dengan jumlah beragam yakni boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, dan seng.
Proteinnya mengandung 23 tipe asam amino seperti asam palmitoleat, oleat, linoleat, dan linolenat. Sebagian protein ini tidak terdapat di buah-buahan lain seperti jeruk, pisang, dan jeruk. Kurma pun dilengkapi dengan berbagai vitamin, mulai dari yang terdapat dalam jumlah kecil seperti vitamin C, hingga yang paling berlimpah yakni vitamin B kompleks. Kurma juga memiliki senyawa antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein, serta zea-xanthin. (sumber: webkesehatan.com)
Manfaat kurma pun tak diragukan lagi, mulai dari kurma muda yang diakui bermanfaat bagi Ayah Bunda yang ingin memperoleh keturunan sampai kurma matang _yang kandungannya seperti tersebut di atas_ bermanfaat untuk pencernaan, sumber energi, menyehatkan sistem syaraf, dll. Bahkan baru-baru ini banyak bunda yang membuktikan dengan mengonsumsi kurma khususnya di pekan-pekan terakhir kehamilan akan membantu mempermudah proses kelahiran bayi.
Wah, banyak sekali kan manfaatnya? Jadi tidak ada salahnya kita menyediakan kurma setiap hari, karena selain baik dikonsumsi orang dewasa buah kurma juga baik sebagai makanan pendamping ASI (MPASI).
“Kalau bukan bulan Ramadhan susah nyari yang jual kurma..” pernah mengalami hal seperti juga kah, Ayah Bunda?
Sekarang tak perlu bingung lagi karena kurma pun bisa dibeli dengan sistem online. Salah satunya adalah di royaldates.co.id yang menyediakan berbagai jenis kurma impor dengan kemasan beragam. Kemasannya pun eksklusif dan elegan mulai dari kemasan to go dengan isi 3pcs kurma sampai kemasan 500gr.
Jika ingin mencicipi ruthab (kurma yang masih segar) pun bisa lho, meskipun kurma ini terbilang mahal karena hanya bertahan beberapa hari tapi peminatnya selalu banyak dan rela antri untuk mendapatkannya. Royaldates menyediakan ruthab dalam kemasan mulai 250gr yang dikemas apik dan terjaga kesegarannya.
Ingin mencicipi kurma ajwa yang biasanya dikonsumsi rasulullah dan legit nikmat itu?! Bisa sekali... karena tersedia juga ajwa dengan kemasan kecil yang terjangkau.
Selain cocok sebagai persediaan dirumah, bagus juga digunakan sebagai bingkisan, oleh-oleh setelah naik haji/umrah, juga bisa menjadi pilihan tepat saat menjenguk kerabat yang sakit atau setelah melahirkan untuk membantu recovery.

Menikmati kurma ajwa yang kaya manfaat
dan menjalankan sunnah rasul

Kurma Ajwa dikemas dalam plastik rapat
Kebetulan, owner Royaldate adalah teman sendiri dan beliau pernah memberi icip-icip kemasan praktis kurma ajwa. senangnya... heheh. Kurma ajwa tersebut dikemas dalam kemasan berbentuk segilima yang apik dan eksklusif. Selain itu, sebelum dimasukkan kedalam kotak kurma dikemas dalam plastik kecil yang di seal rapat sehingga tetap higienis dan tidak mudah rusak.
Nikmat, sekaligus menjalankan sunnah. Mau?! 

6 comments:

  1. iya mba biasanya suka susah nyari kurma jika bukan di bulan ramadhan,,
    coba meluncur ke tekape royaldates :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mba.. semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  2. zaman makin canggih kurma juga sudah di online

    ReplyDelete
  3. saya gak terlalu suka kurma Mbak, tapi kalo bulan puasa kadang-kadang ikut makan kalo dikasih sama mertua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. kalau saya malah suka sekali nyemil kurma terutama pas ramadhan sama pas menyusui :)

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam