Sunday, 22 November 2015

Zeti Arina, Mengedukasi Masyarakat Agar Melek Pajak

Orang bijak taat pajak. Tagline ini sering kita dengar sebagai kampanye pemerintah terhadap masyarakat untuk selalu membayar pajak. Ya, pajak adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh masyarakat (wajib pajak) kepada pemerintah, dana pajak ini merupakan salah satu pendapatan negara yang vital karena digunakan untuk menunjang berbagai sektor pembangunan.
Sayangnya, masyarakat seringkali tidak aware dengan permasalahan pajak dengan alasan rumit dan detail. Atau bisa jadi sebagian masyarakat hanya memahami pajak yang umum hampir semua orang punya seperti pajak kendaraan bermotor, rumah, tanah, dll. Padahal saat kita berbelanja atau makan di warung makan pun sejatinya ada pajak yang dikeluarkan yaitu PPN sebesar 10% yang biasanya sudah termasuk dalam harga. Belum lagi jika menjadi seorang pengusaha, maka  wajib melaporkan dan membayar pajak sesuai dengan usaha yang dijalankan.
Seorang pengusaha khususnya dan masyarakat umumnya membutuhkan seorang konsultan pajak agar pajak yang dibayarkan sesuai. Zeti Arina, adalah seorang konsultan pajak yang berusaha mengedukasi masyarakat agar melek pajak. Tugas seorang konsultan pajak bukanlah membantu klien untuk curang dengan pajak yang harus dibayarkan, melainkan memberikan solusi pembayaran pajak yang tepat dan efisien tanpa menyalahi undang-undang. Tugas lainnya yaitu mengedukasi klien tentang pelaporan pajak yang benar, menekan hingga nol kesalahan hitung, juga mendampingi ketika ada pemeriksaan. Pemilik usaha yang menggunakan jasa seorang konsultan pajak akan lebih tenang karena jika ada sengketa terkait pajak bisa dipercayakan kepada ahlinya.

Zeti Arina. Sumber Gambar
Zeti Arina juga memberikan edukasi tax planning, strategi  saat  seseorang yang memulai usahanya agar beban pajak yang ditanggungnya sesuai dengan bisnis yang dijalankannya, tidak ada ketimpangan antara laba dengan kewajiban pajak yang tinggi atau sebaliknya. Sebagai contoh saat memutuskan usaha berbentuk CV, PT, UD, dll ada aturan yang berbeda mengenainya. Termasuk misalnya seorang notaris yang berdiri sendiri wajib pajaknya 30% tetapi dengan berkerjasama antara beberapa pengacara, pajaknya hanya 1%. Dengan tax planning juga, memungkinkan seorang pengusaha kecil untuk tetap bertahan, tidak menjadi bangkrut karena kewajiban pajak dan denda yang tiba-tiba membengkak.
Edukasi terhadap masyakarat dilakukannya melalui seminar-seminar, siaran di radio, menulis di blog, juga menulis buku dengan salah satu judulnya ‘Konsultan Pajak Sama Dengan Pencuri Pajak?’ Yang dibagikannya secara cuma-cuma kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk pengabdian. Ia bahkan mengatakan tak masalah jika dirinya diundang dalam seminar dan edukasi pajak lainnya tanpa dibayar.
Perempuan yang kini mendirikan Artha Raya Consultant di Surabaya ini mengatakan jika dunia pajak memang belum sepenuhnya bersih, tapi sudah jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Ia pun berharap agar para konsultan pajak bisa menjadi mitra dirjen pajak, bukan menjadi musuh karena anggapan yang salah.


Sumber: www.jawapos.com

10 comments:

  1. Semoga masyarakat Indonesia akan semakin sadar pajak ya mbak..jangan menyembunyikan penghasilan yg sebenarnya krn hasil dr pajak kan akan kembali ke masyarakat juga... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... betul Mba Anjar. penting banget sektor ini :)

      Delete
  2. wah jadi lebih tau infonya. terimakasih mba buat ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mba Windah, terimakasih sudah berkunjung kesini :D

      Delete
  3. setujuuui , jgn menemui konsultan pajak setelah dpt masalah dg orang pajak, lebih baik mencegah daripada mengobati :) karena taat pajak jauh lbh murah ketimbang menutupi dan akhirnya kena denda dan bunga ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul!! taat kepada pemimpin salah satu sarana taat kepada Allah juga ^^

      Delete
  4. Aduh orang kaya aku perlu banget nih baca yang begini. Aku ngertinya bayar pajak bumi bangunan doank, mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. sebelumnya saya juga taunya itu mba.. wkwkwk

      Delete
  5. Ibu Zeti memang konsultan pajak yang senang memberikan edukasi pada masyarakt ya, butuh banget nih orang seperti beliau di negeri ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga banyak orang seperti beliau, nggak semata2 nyari duit thok. :P

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam