Tuesday, 27 October 2015

Travelling Nyaman dan Aman Bersama Keluarga



Belum lama ini saya dan keluarga melakukan perjalanan yang cukup singkat Semarang – Jakarta PP.  Total hanya sekitar 48 jam perjalanan darat yang ditempuh dengan menggunakan mobil Avanza. Kami pilih Avanza karena mobil ini sangat mudah kami dapatkan baik di rental mobil maupun dari tetangga/teman. Memang ini  mobil keluarga Indonesia banget.

Perjalanan kami waktu itu dalam rangka tugas suami yang bekerja di lembaga sosial. Mobil yang sebenarnya bisa diisi 7 orang ini, hanya berisi 4 orang dan seorang bayi usia 1,5 tahun. Di bagian depan ada suami yang merangkap sopir dan satu penumpang, bagian tengah ada saya bersama bayi dan di bagian belakang ada 1 lagi penumpang. Rasanya seperti punya tempat tidur berjalan karena masing-masing kami bisa dengan leluasa selonjoran kaki di dalam mobil. Memang sih, menjadikan mobil debagai tempat tidur berjalan itu tidak aman, tapi kalau kondisi seperti ini kan sayang juga kalau tidak dimanfaatkan, hehe.

Kami bertolak dari Semarang sekitar pukul 21.00, begitu berangkat karena sikecil belum tidur suami langsung memasang lagu anak-anak kesukaannya yang sudah tersimpan di flashdisk, membuat sikceil makin ceria di atas mobil dan ikut joged-joged mengikuti irama lagu yang rancak. Kami pun merasa aman dan nyaman karena tidak terasa getaran mobil dan suara dari luar. 

Setelah sikecil tertidur dan tingal orang dewasa yang melek, suami mulai mencari gelombang radio agar selalu ada suara yanng menemaninya, terutama lagu dangdut yang musiknya jedag-jedug menghentak agar sedikit mengusir kantuk. Maklum, waktu itu weekday dan suami bahkan baru berisitirahat sejenak setelah pulang dari kantor langsung bersiap berangkat ke Jakarta. Iya, salah satu alasan ngajak saya adalah ada tukang pijat gratis dan teman ngobrol asyik di mobil dengan banyak fitur itu.

Grand New Avanza. foto diambil dari sini
Sebelum jam 11 malam hampir semua sudah terlelap, kecuali sopir dan saya yang harus terus awas menjadi co-driver dan tukang pijat. Saat melewati daerah Pemalang, ternyata ada pembetonan jalan dan kondisi jalan yang bergelombang, untungnya tidak menganggu kenyamanan penumpang yang tertidur lelap.

Pukul 3 dini hari kami memasuki tol Cipali yang sedang tenar itu. Dalam hati sempat deg-degan karena banyaknya berita kecelakaan yang terjadi di sana. Kusarankan suami untuk melalui jalan biasa, bukan jalan tol, tapi demi menghemat waktu dan tenaga, akhirnya lewat juga sembari tak henti berdo’a dan makin kenceng melek-in mata. Yah, hitung-hitung jadi pengalaman pertama juga lewat Cipali naik avanza. Sepanjang jalan tol yang lurus mulus dan sepi ini, serasa melewati jalan pribadi karena hampir tidak bertemu atau disalip kendaraan lain. Mungkin karena dini hari sehingga kuantitas kendaraan yang lewat pun jauh berkurang. 

Kondisi Cipalii sangat sepi, kanan-kiri lengang karena di daerah persawahan dan hutan karet jauh dari pemukiman, jika membuka jendela saat berkendara dijamin anginnya terasa kencang dan membuat badan mobil seperti oleng. Suami keasyikan melaju di jalan mulus itu hingga kecepatan 140 KM/jam, tapi bodi mobil tetap stabil dan kami para penumpang merasanya melaju dengan kecepatan 60km/jam dan hanya terdengar sedikit suara angin.

Kami sempat beristirahat dan shalat subuh di rest area KM 130 Cipali sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta pagi harinya. Dan alhamdulillah bisa kembali ke Semarang dengan selamat dan bahagia setelah travelling suka-suka dan bertemu sahabat lama.

Beberapa hal perlu diperhatikan agar travelling bersama keluarga menjadi aman dan nyaman. Pertama, pilih kendaraan yang sesuai. Toyota baru-baru ini mengeluarkan seri baru avanza, yaitu Grand New Avanza. Kendaraan yang sesuai untuk melakukan perjalanan bersama keluarga tentunya yang kabinnya lebih luas sehingga bisa duduk dengan nyaman dan lebih senyap agar tidak terganggu dengan suara mesin dan bising dari luar. 

Pengecekan kendaraan dan kelengkapannya pun sangat penting. Cek oli, kondisi mesin, jok, AC, dan jangan lupa STNK. Jika ada sangat dianjurkan membawa ban cadangan. Safety kendaraan pun berpengaruh terhadap nyamannya perjalanan. Grand new Avanza telah dilengkapi dengan side-impact beam, key immobilizer, SRS Airbag dan fitur keselamatan lainnya, hal ini membuat keamanannya lebih terjamin.

Avanza mampu membuktikan bahwa MPV Indonesia banyak kelebihan juga, mulai dari desain eksterior yang makin gagah dan elegan, interiornya pun makin nyaman dan dilengkapi dengan sarana entertaiment yang baru sehingga makin asyik saat travelling bersama keluarga tercinta. 

Avanza memang mobil yang cocok untuk Indonesia dan MPV terbaik Indonesia yang sangat hemat bahan bakar. Dalam perjalanan waktu  itu, kami hanya membeli bensin sekitar 70 liter dengan jarak tempuh kurang lebih 800km. Sangat hemat bahan bakar, jadi bisa menghemat pengeluaran juga, terlebih ditengah sulitnya kondisi ekonomi saat ini.

Tentukan rute dan perkiraan perjalanan. Ini berkaitan dengan alokasi waktu, budget dan kondisi fisik semua anggota keluarga. Jika membawa anak kecil harus diperhatikan agar sikecil tidak bete atau sakit selama perjalanan. Berbagai aplikasi smartphone pun sangat dibutuhkan untuk menunjang informasi yang dibutuhkan seputar jalan, tempat makan, rest area, dll.

Bawa barang-barang yang diperlukan sikecil. Saat kami bepergian bersama sikecil yang belum genap berumur dua tahun, yang selalu kami bawa selain perlengkapan wajib bayi adalah set kasur kecil, bantal, dan boneka. Agar sikecil bersitirahat dengan tenang dan leluasa, kabin tengah kami gunakan hanya untuk kami berdua. Tas yang berisi barang-barang untuk dipakai di tempat tujuan (bukan seperti makanan atau diaper dan baju sikecil yang dibutuhkan selama perjalanan) kami gunakan untuk mengisi ruang kosong di depan jok sehingga sikecil aman, tidak jatuh ke bawah. Setelah itu dipasang kasur kecilnya atau selimut tebal, boneka, dan bantal. Voila! Jadilah singgasana yang nyaman baginya. Saat terbangun bisa langsung menyusuinya atau mengajaknya bercanda. Jika semuanya diatur dan diperhatikan dari awal,  travelling pun jadi lebih nyaman dan menyenangkan. 
Sikecil yang tidur pulas di kabin Avanza _dok.pribadi_
Oia, setelah tugas kantor selesai, kami bersama keluarga sahabat menyempatkan main ke Ragunan. Kendaraan jadi full seat dengan 2 balita di dalamnya. Alhamdulillah tetap nyaman dan aman membelah kemacetan Jakarta. Terimakasih Avanza, tetaplah menjadi mobil sejuta umat. 
Reuni kecil bareng sahabat di Ragunan _dok.pribadi_

8 comments:

  1. Nyaman bener memang avansa. Senyaman di kecil yg nyenyak tidurnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah...
      badan capek, habis nenen, AC nya nyaman dan gertaran halus nggak berisik bikin sikecil tidurnya pules les :)

      Delete
  2. Jadi ingat pas kami jalan ke Bali, si bungsu juga baru umur 17 bln waktu itu. Jaman dulu blm ada avanza sih, jadi ya dinikmati aja, yg penting seneng kalo pergi sekeluarga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kalo ada kesempatan jalan bareng keluarga Alhamdulillah... senangnya :)

      Kalo sekarang mah avanza bertebaran, tinggal calling rental kalo blm punya mobil kaya aku. itu jg klo pas ada duit ding, kalo ga ya nikmatin pke motor ato pke kendaraan umum. hehe ^^

      Delete
  3. Wah, si Dede nyaman banget bobonya.

    Recomended banget buat keluarga ya, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tante.. bobonya nyenyaak banget, jd emaknya juga bisa istirahat sejenak :D

      Yup! selain irit bensin, mudah juga nyarinya

      Delete
  4. avanza sih memang nyaman buat jalan bareng keluarga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget,
      kalo kata temenku avanza itu 'mobil kacang goreng' karena mobil premium tapi untuk orang yg berduit harganya miring.
      kalo buat saya mah tetep aja mahal :P

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam