Monday, 28 September 2015

Weekend Seru Bersama Dancow Ranch Adventure

Tak sabar rasanya menunggu pagi sejak Jumat malam karena hari Sabtu (26/9) ada Dancow Ranch Adventure di ADA Swalayan Setiabudi aka ADA Banyumanik. Kenapa harus nggak sabar? Ya karena si kecil pun sudah heboh dengan kata ‘kuda’ nya. Dan lagi, bakalan ketemu sama teman-teman blogger Gandjel Rel plus grup sikecilnya yang unyu-unyu dan ngangenin.
Ranch Adventure ini diselenggarakan oleh Dancow, merupakan acara pertama dan terbesar di Semarang. Berupa arena bermain berbentuk peternakan yang didesain untuk melatih semua panca idera sikecil dan mendukung keterampilan sensorik motorik, ketrampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas sikecil. 

Semarang adalah kota ke 3 penyelenggaraan acara ini, sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Jakarta dan Yogyakarta, dan akan menyusul di Makassar, Medan dan Surabaya. Tunggu ya, teman-teman di tiga kota itu.   

Sabtu pagi, sudah heri alias heboh sendiri dengan bawaan dan bekal sikecil. Maklum, Hasna lagi sering GTM, jadi musti nyiapin beberapa alternatif makanan. So, pagi itu masak jagung serut keju kesukaannya, sup bakso sapi jagung manis, bawa bekal camilan, air putih, susu UHT, dan jeruk. Kebayang dong rempongnya bunda Hasna bawa ransel isi pakaian gantinya dan tote bag isi perbekalan. Tenang... begini sudah biasa, mau bonceng Ayah, naik BRT atau naik angkot it’s Okey Bebe!. Hehe

Berangkat sekitar pukul 10, harap-harap cemas takut telat.
Tahu sendiri kan, angkot suka ngetem lama. Sepanjang jalan kontak-kontak dengan Buliknya yang mau nemenin karena si Ayah nggak libur. Nggak lupa kontak sama temen-temen via FB.

Alhamdulillah... tepat jam 11 sampai di ADA dan akhirnya ketemu sama Mba Arinda Shafa dan keluarga. Maasyaa Allah... senangnya... karena acara ini bisa ketemu sama beliau. Sumpah ini pertama kalinya setelah berkomunikasi lewat dunia maya sejak 2012 lalu. Oia, Hasna juga langsung akrab sama Kak Shafa dan Kak Syamil, kedua krucilnya Mba Arinda. Nama kita juga mirip kan ya? Arina dan Arinda. Hehe *nggak penting beud!

Habis itu ketemu mba Aditya Meilia, trus nyari tempat registrasi, dapat paspor buat masuk arena Ranch Adventure nya, kit, dan voucher McD buat keluarga (hurray!) ternyata acaranya mulai jam 12. Baiklah, kita shalat dan nyantai dulu aja di lantai 3 sambil nggiring anak-anak lihat-lihat mainan.

Setelah shalat, Bunda masuk ruang media briefing dan sikecil bersama buliknya masuk arena di panggung utama yang sudah mulai ramai. Begitu dibawa ke sana, sudah nggak sabar pengen lihat kuda, tapi pas disuruh naik patung kuda poninya ternyata nggak mau, masih takut-takut. Haha. Setelah lihat kuda poni, lanjut ngasih makan kelinci. Ada banyak kelinci di kandang dan mereka lucu imut sekali, pengen deh ngembat satu buat dipelihara dirumah. Hihi.

"Kuda Poni suka apel lho...."  ayoo.. kalian boleh main-main sama aku.. hihi"
Hai kelinci imuut... sini-sini aku kasih makan.. enak lho..

Setelah itu ada arena kolam ikan, dengan tanaman teratai yang menambah cantik isi kolam berikut ratusan ikan kecil yang berenang-renang. Owesome! Si kecil bisa bereskplorasi dengan ikan, dan pulangnya dikasih ikan kecil dalam wadah plastik sama si Om cakep. 
Main di kolam ikan. asyiik... ikannya banyaak bangeet!!
Horee..!! dikasih ikan
Di sudut sebalah kanan ada arena perah susu. Sapinya bukan sapi beneran sih... nggak kebayang gimana hebohnya kalo bawa sapi perah beneran ke mall. Kasihan si sapi juga kan?! Meskipun nggak asli, pengalaman merah susunya cukup berkesan buat anak-anak. 

Dan yang penting buat Ayah dan Bunda, ada nutritionist yang siap di mejanya, menanti Bunda konsultasi seputar nutrisi dan tumbuh kembang sikecil. Tenang, selama Ayah-Bunda konsultasi, sikecil bisa asyik mewarnai di tempat yang sudah disediakan. Kalo untuk Hasna yang masih 19 bulan sih belum bisa mewarnai, jadi nggak bisa diajak ke pojok itu. Materi talkshow dan pertanyaan ayah-bunda yang lain sudah cukup menjawab pertanyaan di kepalaku. 
mencoba memerah susu sapi. foto by Mba Aulin
Konsultasi bersama nutritionist dari Dancow Parenting Center
Bunda konsultasi, sikecil bisa mewarnai dan main puzzle di sini

Terakhir yang paling asyik di arena Ranch Adventure adalah foto ala cowboy! Sesuai dengan tema Rach Adventure. Mbak dan mas yang jaga stand semuanya berkostum cowboy dengan topi dan rompi cokelat kulitnya. So nice! Di arena photobooth disediakan rompi cowboy warna coklat, warna putih-hitam motif sapi, kemeja kuning, sabuk, dan topi! Yiiihaaa!! Jadi cowboy 5 menit tapi kenangan dan fotonya tersimpan sepanjang masa. 
Foto ala Cowboy

Di panggung utama juga ada operet anak yang menampilkan anak-anak sehat lucu yang berani dan senang bereksplorasi. Setelah itu ada talkshow tumbuh kembang anak bersama dokter anak, ahli gizi dan psikolog dari Dancow Parenting Center. Talkshow-nya dipandu oleh Mbak cantik nan ramah Shahnaz Haque. Asyik ya, ketemu dan foto bareng artis. Hihi.

Ini nih bagian yang paling penting buah Ayah-Bunda, untuk mengetahui tumbuh kembang sikecil dan mengoptimalkan 1000 hari pertama pertumbuhannya. Apa sih 1000 hari pertama itu? Adalah usia bayi terhitung sejak tumbuh (perkiraannya dihitung sejak hari pertama haidh terakhir) hingga usia bayi 2 tahun. Jadi, jangan sampai Bunda nggak tahu kalo sudah hamil karena idealnya Bunda sudah menyiapkan nutrisi terbaik untuk sikecil sejak ia masih di dalam kandungan. 

1000 hari pertama ini adalah masa golden age, dan sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan hingga sikecil dewasa. Orangtua sangat berperan penting dalam memberikan perlindungan, stimulasi, serta kasih sayangnya agar sikecil tumbuh optimal.
Para Ahli dari Dancow Parenting Center & Shahnaz Haque
Dr. DR. Soedjatmiko, Sp.(A)K, Msi, dokter anak yang humoris ini menyampaikan bahwa nutrisi dan stimulasi yang tepat serta berkelanjutan dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang sikecil. Kasih sayang dan stimulasi yang tepat juga akan membantu membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri. Ayah Bunda, pasti ingin ya, anaknya seperti yang disampaikan dr. Soedjatmiko ini? toss dulu deh! lebih lengkap rasanya kehabagiaan saat anak sehat dan cerdas, dan tumbuh kembangnya optimal. 

ASI adalah yang utama, dilanjutkan dengan MPASI dan tambahan susu secukupnya. Berikan stimulasi kepada sikecil setiap saat dan setiap hari serta berikan kebabasan baginya untuk mengeksplorasi apapun di sekitarnya. Umumnya, kita khawatir kan kalau sikecil naik tangga, main yang kotor, dan berlari kesana kemari?! Dan nggak jarang juga melarang ini itu. Padahal larangan itu nggak baik buatnya. Sebagai orang dewasa perannya mengawasi dan melindungi serta memberi stimulasi.  

Selanjutnya, ahli gizi Sari Sunda Bulan, AMG memberikan penjelasan tentang nutrisi tepat dan berimbang bagi sikecil, yang ideal juga untuk diterapkan kepada orang dewasa. Sebagai contoh cara menetukan porsi makan sikecil dengan ‘My plate planner’, berupa prinsip memberikan makanan yang sesuai porsi. Segenggam nasi, setelapak tangan lauk dan sayur, dan porsi minum serta buah yang disesuaikan dengan sikecil. 

Nestle Dancow Exelnutri+, merupakan inovasi terbaru dari Nestle Research Center, Swiss. Dengan tiga keunggulan nutrisi untuk membantu saluran cerna, membantu proses belajar sikecil dan pertumbuhan fisiknya. Tersedia dalam 3 varian yaitu Dancow Excelnutri+ 1+, 3+ dan 5+
80% sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna dan nutrisi perlindungannya dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, serat pangan inulin dan nutrisi penting lainnya, lanjut Mbak Sari. 

Oia, mbak Sari juga menyampaikan tips penyimpanan dan penyeduhan susu agar bakteri baik serta nutrisi lainnya yang terkandung dalam susu tidak rusak, yaitu dengan air hangat kuku dan masukkan airnya terlebih dahulu ke dalam gelas. Membuat susu untuk anak pun harus disesuaikan dengan porsi dan takaran yang disarankan. Kalau untuk sikecil yang minumnya masih sedikit, jangan buat porsi segelas besar, sayang kan kalau nggak habis. 

Aspek yang tak kalah penting dalam tumbuh kembang adalah psikologi anak. Kasih sayang dan cinta ibu adalah bekal terbaik untuk sikecil di masa depannya, begitu yang disampaikan psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjoyo. Untuk itu, Bunda perlu melindungi dan memberikan kepercayaan kepada mereka untuk bereksplorasi sesuai rentang usia. 

"Kami terus berinovasi untuk menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang sikecil. kami ingin memastikan anak Indonesia dapat bereksplorasi dan siap berpetualang tanpa perlu khawatir karena adanya asupan nutrisi yang tepat untuk melindungi mereka," ujar Nur Shila Christianto, Head of Corporate Communication PT Nestle Indonesia. 
Melalui perlindungan yang terkandung dalam Dancow Excelnutri+ Ayah dan Bunda tek perlu khawatir dengan pencernaan si kecil. Dampingi dan berikan kepercayaan padanya, biarkan ia bereksplorasi sehingga menjadi anak yang cerdas, keratif dan mandiri.

Salah satu adegan dalam operet
Yuhuu...!! seru banget kan acaranya?! Bangeeet!! Nggak kerasa udah sore aja tuh. Bunda senang dengan goodybag dari Dancow, si kecil pun riang setelah belajar sambil bermain, apalagi ada balon banyak. Hihi. Terimakasih, Dancow! Tahun depan ke Semarang lagi ya... *kiss. Terimakasih juga Buliknya Hasna yang udah mau momong selama acara, Ayah yang jemput plus jagain balon Hasna sambil motoran, dan teman-teman Gandjel Rel semuanya.... Luph U pull!!

GRes with Shahnaz Haque

8 comments:

  1. Wiiih, seru acaranya, seneng ya Hasna ikutan kasih makan kelinci. Dapat ikan berapa tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggih Budhe...
      Dapat ikan kecil2 2, tapi sama hasna diobok2 trus pecah plastiknya, jd mati sebelummdibawa pulang :'(

      Delete
  2. Habis dapet ikan anakku langsung minta dibelikan aquarium XD

    ReplyDelete
  3. ikanku tak tinggal mulih Pekalongan hehe

    ReplyDelete
  4. iyess, weekend emang lebih seru ya mba karna ada dancow ranch adventure ini...kapan yaa ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu...
      Moga th depan ada lagi mba.. :) aamiin..

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam